Peranan Desain Komunikasi Visual dalam Melestarikan “Kie Lin the Living Tradition”

Main Article Content

Trihadi Wahyudi
Kurnia Setiawan

Abstract

Kie Lien adalah hewan yang disucikan dalam mitologi Tionghoa. Pada perayaan Cap Go Meh di kota Bogor Kiel in turut hadir memeriahkan acara tersebut. Pada tahun 2016 pernah dilakukan penelitian tentang Kie Lin yang menggali peran dan makna Kie Lien. Penelitian yang dilakukan saat ini adalah elaborasi dari  data penelitian sebelumnya untuk kemudian dikemas dalam  bentuk media popular, yaitu buku tentang Kie Lin. Tujuan penelitian adalah untuk memperkenalkan dan melestarikan Kie Lin kepada khalayak. Obyek penelitian adalah Kie Lin PGB Bangau Putih. Metode penelitian menggunakan Five Steps of Design dari Robin Landa untuk menghasilkan prototype buku “Kie Lin the Living Tradition”. Pada tahap 1 dan 2 (orientasi dan analisa) menggunakan data penelitian sebelumnya, pada tahap 3, 4, 5 (konsep, desain, implementasi) berkolaborasi dengan projek tugas akhir mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual. Desain menggunakan narrative illustration yang berasal dari foto dokumentasi perayaan Cap Go Meh dan hasil wawancara dari penelitian sebelumnya. Konsep desain buku memiliki keywords; historic, vintage, oriental untuk menampilkan Kie Lin sebagai bagian dari tradisi yang memiliki rekam jejak sejarah dan merupakan bagian dari budaya Tionghoa

Article Details

Section
Articles

References

Atmojo, Siggih Tiwut, Nova Wijaya. 2019.

Pengaruh Festival Cap Go Meh terhadap

Peningkatan Pedagang pada Sektor

Perdagangan dan Jasa Kota Singkawang,

Jurnal Bisnis Teri dan Implementasi

Vol. 10 No.1: 41 – 41.

Artono, Riyadi, Namajuddin. 2018. Barongsai

as a Strengthening Tool to Harmonious

Multiculturallism, Advance in Social

Science, Education and Humanities

Research, Vol. 226.

Bre Redana. 2013. Mind Body, and Spirit; Aku

Bersilat, Aku Ada. Guru Besar Persatuan

Gerak Badan Bangau Putih,

Jakarta : Kompas.

Bulduk Banu. 2016. Contemporary Illustration

Methods and New Application Areas of

Illustrations: Interaction Induced

Aninamted Illustrations, Global Journal

of Arts Education Vol. 06, Issue 3, 77 – 84.

Chu Yeying. 2018. Analysis of the Application

of Illustration Art in Graphic Design,

Advances in Social Science, Education

and Humanities Research, Vol. 246.

Merry, Rianto. 2020. Potensi Perhelatan

Budaya Cap Go Meh sebagai Salah Satu

Daya Tarik Wisata di Indonesia (Studi

Kasus Perhelatan Budaya di Cap Go Meh

di Kota Singkawang), Jurnal Hospitality

dan Pariwisata, Vol. 6 No.1, 1 – 55.

Landa, Robin. 2018. Graphic Design

Solutions. Cengange Learning,

Hal. 68 – 78. ISBN 1337671061.

PGB Bangau Putih. 2017. Warta

Bangau edisi khusus 2017.

Bogor: PGB Bangau Putih.

Sanjaya, Ivan, Suswandari, Rudy

Gunawan. 2022. Nilai – Nilai

Tradisi Budaya Cap Go Meh pada

Masyarakat Cina Benteng di

Tangerang sebagai Sumber

Pembelajaran di Sekolah,

Satwika, Vol. 6, No. 2, 385 - 402

Suprapto, Wasis. 2018. Cap Go Meh

sebagai Media Pendidikan

Resolusi Konflik di Tengah

Keragaman Etnis Kota

Singkawang, Jurnal Pendidikan

Ilmu Pengetahuan Sosial

Indonesia Vol.3 No.2, 33 - 39