PERANCANGAN VISUAL PROMOSI PRODUK KULINER ORIENTAL “UNCLE TJIA’S KITCHEN”
Main Article Content
Abstract
Abstrak— Semasa pandemi covid-19 yang muncul dan mewabah diseluruh dunia termasuk Indonesia. Munculah beberapa aturan pembatasan interaksi diluar ruangan guna menanggulangi penyebaran covid-19, sehingga hal tersebut mempengaruhi hampir seluruh sektor khususnya sektor ekonomi seperti UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ). Banyak UMKM yang harus menutup usahanya karena pembeli lebih memilih berbelanja secara offline. Contoh salah satu UMKM yang terkena dampak adalah Neighbor Coffee Spot. Namun hal tersebut tidak membuat pemilik berhenti memulai bisnisnya. Pada tahun 2020, dibangun bisnis baru dibidang kuliner didaerah petak enam yang bernama Uncle Tjia’s Kitchen. Mereka menyajikan masakan khas Hakka khususnya perayaan hari raya imlek. Meski menu yang disajikan terbilang unik, kurangnya media promosi yang menarik membuat usaha ini kurang dikenal oleh pembeli sekitar. Perancangan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran pembeli terhadap keunikan produk yang disajikan oleh Uncle Tjia’s Kitchen melalui media promosi yang bersifat informatif dan terstruktur. Metode perancangan yang digunakani: orientasi, analisis, konsep kreatif, serta desain. Media visual promosi utama berupa fotografi produk dengan media pendukung seperti poster, x-banner, spanduk, table tent, table mat, sticker dinding, TV menu board, digital banner, dan sosial media Instagram.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Visual by Faculty of Art and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.untar.ac.id/index.php/visual
References
Choiria, M. (2016, Februari 6). Sejarah
kedatangan etnis Tionghoa di Indonesia [Halaman Web]. Diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/sejarah-kedatangan-etnis-tionghoa-di-indonesia.html
Mantalean, V. (2019, Januari 18). Dari
Mana Asal Usul Pengaruh China dalam Kuliner Indonesia? [Halaman Web].
Diakses dari https://travel.kompas.com/read/2019/01/18/080400927/dari-mana-asal-usul-pengaruh-china-dalam-kuliner-indonesia
Mantalean, V. (2019, Februari 11).
Mengenal Ciri Khas Masakan Hakka [Halaman Web]. Diakses dari https://travel.kompas.com/read/2019/02/11/190900427/mengenal-ciri-khasmasakan-hakka.
Petak Enam Jakarta Lokasi Dan Tenant
Terbaru. ( 2023 Januari 1). Diakses pada Januari 23, 2023 dari artikel ilmiah: https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-kutipan-dari-berita-online/
Budhi, A. (2023, Januari 3). 10 Makanan
Enak di Petak Enam, Banyak yang Baru Nih! [Halaman Web] Diakses dari https://www.nibble.id/makanan-enak-di-petak-enam/
Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian
kualitatif.
Landa, R. (2014). Graphic design solutions
th edition. USA: Clark Baxter.
Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions
(4th ed.). Boston: Wadsworth Cengage Learning.
Talabi, F. (2012). Making slogans and
Unique Selling Propositions (USP) beneficial to advertisers and the consumers.
He, Y., & fang Li, X. (2021, November).
Analysis of network marketing strategy of Bestore based on AISAS theory. In 2021 2nd International Conference on Computer Science and Management Technology (ICCSMT) (pp. 607-611). IEEE.