Penerapan Konsep Cubicle Pada Desain Furniture Kantor Pasca Pandemi Terhadap Pola Layout Kantor Studi Kasus : Perancangan Furniture Pada PT. XYZ

Main Article Content

Shiang Siang Rahmadjaya
Anastasia Cinthya Gani

Abstract

Akibat adanya Wabah Covid-19  sangat mempengaruhi segala faktor kehidupan masyarakat. Bagi para pekerja kantoran pemerintah mewajibkan pekerja yang masuk hanya setengah dari biasanya, dan mewajibkan para pekerja juga melakukan rapid test sebelum masuk bekerja. PT Indofood Sukses Makmur, Tbk merupakan perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak dalam industri pengolahan makanan. Maka dari itu pada masa menuju new normal saat ini sangat dibutuhkan perubahan dalam lingkup ruang kerja karyawan. Pengaturan area kerja karyawan sangatlah penting untuk meningkatkan kenyamanan dan juga meningkatkan produktivitas pekerja secara tidak langsung. Dilihat dari permasalahan yang ada ini, maka dari itu dibutuhkan perubahan desain agar dapat meningkatkan kenyamanan pekerja dengan memperhatikan kekurangan yang ada dan meningkatkan kembali efektifitas dan kenyamanan pekerja dalam bekerja. Untuk lingkungan kantor sendiri juga terdapat perubahan karena mengharuskan para pegawai untuk saling menjaga jarak. Maka dari itu diperlukan perubahan dari segi desain dan tata letak untuk tetap menjaga protokol kesehatan, dari segi furniture pada masa pandemi ini juga mengalami banyak perubahan.  Penggunaan metode desain perancanan dan perancangan juga melakukan pencarian data melalui digital, munculah ide desain untuk membuat meja berkonsep cubicle dan juga minimalis yang terinspirasi dari citra dan pengembangan ide desain yang ada.

Article Details

Section
Articles

References

Kilmer, R., & Kilmer, W. O. (2014). Designing interiors. John Wiley & Sons.

Nafiah, D. (2016). Penataan Ruang Kantor Dalam Menunjang Efektivitas Pekerjaan Kantor. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 14(1), 1–22.

Septiono, M. A. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai dan Fasilitas Kantor terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan se-Kecamatan Gunungpati. Universitas Negeri Semarang.

Sugiharto, A., Kusumarini, Y., & Rizqy, M. T. (2016). Perancangan Perabot Kerja Kantor dengan Kombinasi Fungsi Bidang Kerja, Fungsi Penyimpanan, dan Fungsi Wadah Tanaman. Intra, 4(2), 400–412.

Terawan, A. (2020, mei 23). Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja Era New Normal. Retrieved from kemkes: https://www.kemkes.go.id/article/view/20052400003/pencegahan-covid-19-di-tempat-kerja-era-new-normal.html

Wijaya, C. (2020, April 7). Retrieved from BBC News: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52194441