Semiotika Foto Agen Perubahan

Main Article Content

Kurnia Setiawan

Abstract

Para pimpinan mahasiswa yang bergerak turun ke jalan pada tahun 98 dapat disebut sebagai agen perubahan. Saat ini menjelang peringatan 20 tahun peristiwa reformasi, mereka sudah berusia 40-an dan telah memilih bidang pekerjaannya masing – masing. Penelitian ini bersifat kualitatif, dibuat dalam rangka merekam para agen perubahan setelah duapuluh tahun peristiwa reformasi 98. Bagaimana menampilkan karakter mereka melalui media fotografi ? Pendokumentasian yang dilakukan sebagai kelanjutan dari pemotretan dan wawancara yang pernah dilakukan pada tahun 2008 yang kemudian dipamerkan dengan judul ”10 Years Later”. Penelitian ini menggunakan pendekatan/ metodologi visual. Analisa yang dipakai berdasarkan teori semiotik Charles Sanders Peirce. Subyek penelitian dipilih secara khusus (perpusive sampling), yaitu para agen perubahan yang berperan sebagai simpul massa (pemimpin) dari beberapa kampus yang tergabung dalam gerakan mahasiswa Front Aksi Mahasiswa untuk Reformasi dan Demokrasi (Famred) pada tahun 98.  Hasil penelitian berupa foto potret para agen perubahan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berkenaan dengan pengembangan keilmuan, khususnya desain komunikasi visual.

Article Details

Section
Articles