PERANCANGAN LOGO EVENT PEDULI KESEHATAN MENTAL “BERJUANG MELAWAN DEPRESI”

Main Article Content

Siti Mardiah
Huddiansyah

Abstract

Event nasional merupakan salah satu cara wisata Hari Kesehatan Menal Dunia pada 10 Oktober kepada masyarakat dalam negeri. Setiap peristiwa memerlukan logo sebagai identitas sebagai simbol makna yang ingin disampaikan. Perancangan logo menggunakan model 5 tahap Robin Landa yakni Orientasi, Analisis dan Strategi, Konsep Perancangan, Pengembangan dan Impelementasi Desain. Data pertama yaitu wawancara dengan satu orang psikolog dari pendiri organisasi kesehatan mental, satu orang penderita depresi ringan, dan mengikuti webinar kesehatan mental. Data kedua yaitu studi pustaka yang berkaitan dengan tema perancangan. Hasil perancangan adalah Graphic Standar Manual Logo Event Peduli Kesehatan Mental dengan tema “Berjuang Melawan Depresi.” Logo event berbentuk daun semanggi berhelai empat kebahagiaan dan harapan. Warna logo menerapkan warna netral yang, tidak terlalu pekat dan tidak terlalu pucat. Warna merah muda pada kelopak love berarti kasih sayang, warna biru pada kelopak air mata bermakna percaya diri, Warna merah pada outline love bermakna berani, dan setengah kelopak love dan air mata bermakna emosi yang tidak stabil. Font yang digunakan terdiri dari logofont menggunakan font Manic Depressive karyaSpideRaYsfoNtS, slogan event menggunakan font Heal The World karya Thomas Aradea, dan copywriter menggunakan Acumin Font Family. Perancangan Logo Event Peduli Kesehatan Mental “Berjuang Melawan Depresi” tersebut memiliki makna meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mental.

Article Details

Section
Articles

References

Aurellia, S., & Marwan, R. H. (2022). Pengaplikasian Gaya Art Deco dalam Ilustrasi Digital pada Buku Minuman Tisane Bunga “Khasiat Kesehatan Minuman Seduhan dari Bunga di Lingkungan Sekitar Kita”. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 1(1), 16-35. http://dx.doi.org/10.37312/imatype.v1i1.5215

Damayantie, I., Pertiwi, R., & Nugroho, O. F.(2021). Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pemilihan warna pada pendekatan steam ditinjau dari psikologi desain. In Seminar Nasional & Call Of Papers Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01), 58-63. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/SEMNASLPPM/article/view/86/92

Fuad, A., & Susanto, B. (2018). Penggunaan format bitmap dan vektor pada spanduk warung makan pedagang kaki lima. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(1). 8-15. http://ejurnal.polnes.ac.id/index.php/kreatif/article/view/31/22

Imanto, T. (2007). Film sebagai proses kreatif dalam bahasa gambar. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4(1). https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/35

Lucius, C. R., & Fuad, A. (2017). Coloring your information: How designers use Theory of Color in creative ways to present infographic. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 277, No. 1, p. 012044). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/277/1/012044

Mustaqim, K. (2021). Kritik Estetis Post- Auratik Seni Mural. MURAL, Menguak Narasi Visual dari Berbagai Perspektif Ilmu, 79. Ideas Publishing

Susanto, H., & Fauzi, M. (2012). Perancangan kembali identitas korporat untuk museum sejarah jakarta. In Jurnal Inosains, 7(1), 12-22. https://www.academia.edu/28730644/Perancangan_Kembali_Identitas_Korporat_untuk_Museum_Sejarah_Jakarta?from=cover_page?

Zahar, I. (2020). Penerapan Model Desain Lima Langkah dalam Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual: Evaluasi Kritis. In VISUAL, 15(2), 27-37. http://dx.doi.org/10.24912/jurnal.v15i2.11091

Wahyudi, T. (2020). Seniman Mengajar Sebagai Metode Program Pendampingan Psikobudaya Masyarakat. ARTCHIVE: Indonesia Journal of Visual Art and Design, 1(1), 59-71. http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v1i1.1563

Widyastuti, P. A., Pertiwi, R., & Huddiansyah, H. (2021). Development of characteristic motifs on printing masks as promotional media for visual campaign in product design study program, esa unggul university. Gestalt: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(2), 101-114. https://doi.org/10.33005/gestalt.v3i2.96

Feldman, R. S. (2012). Pengantar Psikologi: Understanding Psychology (8th ed., Vol.2). Jakarta: Salemba Humanika.

Woork, Studio. (2022). Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Jakarta: Kemensetneg-kemenparekraf-ADGI

Indrayani, Y. A & Wahyudi, T. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit ANDI.