Mural “Wall Schooling” sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris: Studi Kasus Anak Usia Sekolah di Bulak Simpul Kalideres, Jakarta Barat
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran membaca dan juga menulis dalam bahasa Inggris dibantu dengan kegiatan membuat mural. Mural adalah gambar atau lukisan di media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen. Sekolah dan keluarga memiliki peran sentral untuk menentukan keberhasilan pencapaian anak di dalam perkembangan bahasa, dan lewat membaca anak dapat meningkatkan penambahan kosa kata di dalam bahasa. Bahasa adalah dasar dari seorang anak memahami dan berinteraksi dengan lingkungan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian adalah proses belajar dapat dilakukan keempat subyek dengan bantuan mural sebagai media untuk mempermudah menulis dan membaca dalam bahasa Inggris.
Kata kunci: mural, wall schooling, baca, bahasa Inggris, anak
Article Details
Jurnal Visual by Faculty of Art and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.untar.ac.id/index.php/visual
References
Asrori, Mohammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Munandar, Utami. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: PT. Gramedia.
Papalia, D.E., Olds, SW., Feldman, R.S (2009). Human Development. 11th ed. New York: McGraw-Hill International Edition.
Rubiyanto, R. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Susanto, M. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Kanisius.
Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (6th ed.). New York, NY: McGraw Hill.
Wahab, Rohmalina. (2018). Psikologi Belajar. Depok:Rajawali Pers.