Penerapan Gaya Indis pada Perancangan Interior Lounge & Bar The Hermitage, A Tribute Portfolio Hotel, Jakarta

Main Article Content

Irvani Anwar
Stephanus Dwiyanto
Sri Sulistyo Purnomo

Abstract

Abstrak - Pada masa penjajahan Belanda, Indonesia mendapat Pengaruh Occidental(Barat) banyak diterapkan pada berbagi segi kehidupan termasuk dalam tata kota dan bangunan. Bangunan – bangunan tersebut adalah salah satu bukti jejak kolonialisme Belanda pada masa lampau. Banyak bangunan – bangunan tersebut yang masih di rawat utuh dan ada juga yang di tinggali, serta dijadikan tempat wisata atau tempat kuliner seperti hotel dan restoran. Namun seiringnya waktu, perkembangan zaman modernisasi membuat bangunan – bangunan kolonial ini menjadi sedikit dan banyak juga yang merubah gaya bangunan serta interior sehingga identitas dan sejarah yang terdapat pada bangunan tersebut  terlupakan. Penulisan Jurnal ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan tipologi arsitektur yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan gaya Indis baik dari suasana, elemen pembentuk ruang yang ditonjolkan pada interior Lounge The Hermitage, A Tribute Portfolio Hotel, Jakarta apakah penggunaan gaya Indis sesuai dengan karakteristik bangunan yang didirikan pada tahun 1923.  Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa perancangan interior Lounge The Hermitage, A Tribute Portfolio Hotel, Jakarta sudah menerapkan gaya indis yang sesuai dengan karakteristik bangunan arsitektur kolonial.

 

Kata Kunci : Arsitektur, Gaya Indis, Interior, Kolonial, Lounge.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Irvani Anwar, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Stephanus Dwiyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Sri Sulistyo Purnomo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

DAFTAR PUSTAKA

Antariksa. 2010. Tipologi Wajah Bangunan dan Riasan dalam Arsitektur Kolonial Belanda. http://antariksaarticle.blogspot.com/2010/05/tipologi-wajah-bangunan-dan-riasan.html (diakses pada tanggal 18 Februari 2014)

Djoko Soekiman. 2011. Kebudayaan Indis Dari Zaman Kompeni Sampai Revolusi. Jakarta : Komunitas Bambu.

Yohannes Firzal. 2011. Tipologi Bangunan Tua. Local Wisdom – Jurnal Ilmiah Online ISSN: 2086-3764. Volume: III, Nomor: 2, Halaman: 33 – 42

Crochet, Treena. Colonial style : creating classic interiors in your cape, colonial, or saltbox home. Newtown, CT: The Taunton Press, Inc (2005)

Kilmer, Rosemary, Designing Interior, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey, 2014

WEBSITE

https://www.researchgate.net/publication/316668731_GAYA_BANGUNAN_ARSITEKTUR_KOLONIAL_PADA_BANGUNAN_UMUM_BERSEJARAH_DI_KOTA_MANADO (diunduh pada tanggal 23 April 2020 )