Penerapan Ragam Hias Arsitektur Betawi Pada Gaya Interior Modern Dalam Perancangan Interior Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta – Cikini

Main Article Content

Kevin Junianto
Hartini Laswandi
Muhammad Taufiq

Abstract

Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta – Cikini merupakan satu dari beberapa perpustakaan dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (DISPUSIP DKI) yang terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan unsur ragam hias arsitektur budaya lokal Jakarta yaitu budaya Betawi Bila diterapakan kedalam rancangan interior bergaya modern pada area khusus ruang lobby resepsionis dan ruang koleksi pustaka umum Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta – Cikini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bersifat menggambarkan, memaparkan, menganalisis, dan menyimpulkan data  sehingga  diperoleh suatu  pendekatan  untuk  selanjutnya digunakan dalam    penyusunan laporan. Pada bagian berikutnya berisi gambar-gambar penerapan unsur ragam hias arsitektur yang diterapkan pada perancangan area lobby resepsionis, dan area baca koleksi Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta – Cikini. Dan disimpulkan bahwa penerapan ragam hias Betawi pada interior bergaya modern dapat memberikan nilai estetik lebih dan identitas ornamen arsitektur kebudayaan lokal.

Kata Kunci : Desain Interior, Ragam Hias Betawi, Perpustakaan Umum Daerah


Article Details

Section
Articles
Author Biography

Kevin Junianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Buku

Swadarma, D., & Aryanto, Y. (2013). Rumah Etnik Betawi. Depok: Griya Kreasi.

Jurnal Ilmiah

Fajriyah, N. (2014). Revitalisasi Perkampungan Budaya Betawidi Setu Babakan. Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Bogor: Departemen Arsitektur Lanskapfakultas Pertanianinstitut Pertanian Bogor.

Kurniati, N., B. Amiuza, C., & Suryasari, N. (2017). Transformasi Ornamen Rumah Betawi dalam Unsur-Unsur Ruang. Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Sheha, A. N., & Ghoustanjiwani A.P. (2011). Lifestyle Tradisional Betawi dan Pengembangan Permukiman yang Mengakomodasikan Pariwisata di Setu Babakan. Jurusan Arsitektur , SAPPK, Institut Teknologi Bandung.