Penerapan Bentuk Geometris Pada Perancangan Interior Lounge & Bar Manhattan Hotel Jakarta

Main Article Content

Angelica Catherine
Eddy Supriyatna
Maria Florencia

Abstract

Manhattan Hotel menyediakan lounge & bar untuk memenuhi aktivitas dengan kemajuan industri dan ekonomi ibu kota yang pesat. Perancangan hotel perlu mendapat sentuhan desain interior agar dapat menampilkan citra dari sebuah hotel. Lounge & bar Manhattan Hotel dirancang dengan tujuan menampikan kesan modern dan formal karena merupakan pilihan bagi para pengunjung dimana pertumbuhan Jakarta semakin berkembang sehingga menghasilkan gaya hidup baru, sehingga diperlukan tempat yang mewadahi kegiatan bisnis dilingkup ruang sosial khususnya untuk para eksekutif muda menengah ke atas. Metode perancangan ini menggunakan metode kualitatif yaitu pelaksanaan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pada perancangan ini, hasil citra dan suasana yang diciptakan adalah elegan, modern, dan contemporer. Gaya modern menjadi pilihan yang cocok dengan lifestyle masyarakat Jakarta saat ini. Kesimpulannya ialah elemen interior lantai lounge& bar yang didesain ini harus mempertimbangkan segala aspeknya, karena sangat berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan aktivitas, perilaku, dan latar belakang pengunjung agar nyaman disana. Namun yang diperhatikan tidak hanya dari segi fungsi tetapi estetika juga diperlukan.

Kata kunci— Bar; Hotel; Interior; Lounge;  Manhattan



Article Details

Section
Articles
Author Biography

Angelica Catherine, Universitas Tarumanagara

Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Chiara, DeJoseph, Julius Panero, & Martin Zelinif. 1985. Timesavers Standards For Interior Design and Space Planning. New York, Mc Graww-Hill.

Kilmer, Rosemary. 2014. Designing Interior, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.

Lawson, Bryan. 2006. How Designer Think: The Design Process Demystified(Fourth Edition). London: Routledge.

ARTIKEL JURNAL:

Liwijaya Nandya Mareta. 2016. “Perancangan Interior Lounge & Bar di Surabaya”. Vol. 4, No. 2

WEBSITE :

Dharmawan. 2014. Konsep Desain Interior Modern. Diakses dari https://interiorudayana14.wordpress.com/2014/05/15/konsep-desain-interior-modern/, tanggal 23 November 2020.