Motif pada Seni Keramik Mambong

Main Article Content

Siti Mariam Mat Noor

Abstract

Perbandingan antara gerabah kuno yang ada di museum Kelantan dengan gerabah kontemporer saat ini perlu dilakukan untuk membedakan atau membedakan perkembangan pola ragam hias pada produk gerabah. Sebanyak 6 pembuat keramik tradisional, 5 dosen keramik, 2 kurator museum, dan seorang direktur kerajinan diwawancarai secara tidak terstruktur. Gerabah Mambong ada 7 jenis di masa lalu, yaitu periuk, periuk tanah, periuk kukus, kendi, guri, geluk, dan wadah pengasapan. Gerabah Mambong kini hanya memiliki 5 jenis yang masih aktif diproduksi. Guri dan geluk tidak diproduksi saat ini. Gerabah lama lebih rapi dan memiliki variasi desain serta lebih tahan lama dibandingkan dengan produk baru. Gerabah lama memiliki 39 jenis motif, sedangkan gerabah baru dikurangi 27 motif yang tidak dibuat sehingga hanya tersisa 15 jenis motif.  Ada juga motif yang masih dibuat sama antara gerabah lama dan gerabah baru yaitu 12 jenis motif dan hanya 3 jenis motif baru yang dibuat pada gerabah ini.

Article Details

Section
Articles

References

Bruce L. Berg. (2001). Qualitative Research Method FOr The Social Sciences. (Sarah L. Kelbaugh, Ed.) (Fourth). California State Univesity, Long Beach.

Cassirer, E. (1944). An Essay on Man, New Haven: Yale University Press.

Kee M. Y. (2004). Straits Chinese Porcelain: A Celebration of a Unique Malaysian Heritage Showcasing the Datin Seri Kee Ming-Yuet Collection. Kee Ming-Yuet Sdn. Bhd.[and] Cross Time Matrix Sdn. Bhd..

Evans, I. H.N. (1922). The Potting Industry at Kuala Tembeling. Journal of the Federated Malay States Museum, 9, 259-261.

Evans, I. H.N. (1929). Some Malay Pattern and Design. Journal of the Federated Malay States Museum, 15, 163-167.

Leng, Y. J. (1994). The Crafts of Malaysia. (S. Bhanu, Ed.) Singapore: Tien Wah Press.

Nor Azlin Hamidon. (2002). Seni Rupa Melayu. In Prof Madya Dr. Ton Ibrahim (Ed.), Kesenian Melayu (pertama, p. 84). Akademik Pengajian Melayu, Universiti Malaya.

Piaw, C. Y. (2006). Kaedah Penyelidikan. In Kaedah dan Statistik Penyelidikan Buku 1. Mc. Graw-Hill Book (Malaysia).

Salwa Ayob. (2010). Tembikar Tradisi Melayu Perak. “Warisan Budaya Negeri Perak,”Simposium .

Siti Maryam Ali Yasin. (2011). Falsafah Dan Prinsip Senireka Di Dalam Seni Tradisi Tembikar Melayu. Prosiding Seminar Antarabangsa Warisan Dan Nusantara.

Siti Zainon, I. (1986). Reka Bentuk Kraftangan Melayu Tradisi. Universiti Kebangsaan Malaysia.{Bibliography}

Syed Ahmad Jamal. (1992). Rupa dan Jiwa. (Dewan Bahasa dan Pustaka, Ed.). Kuala Lumpur.

Tajul Suhaizam Said, Harozila Ramli, M. F. S. (2011). Local Genius of Mambong Pottery in Kelantan , Malaysia, 1(21), 147–155.

Yin, R. (1994). Case study research: Design and methods (2nd ed.). Beverly Hills, CA: Sage Publishing.

Evans, I. H.N. (1922). The Potting Industry at Kuala Tembeling. Journal of the Federated Malay States Museum, 9, 259-261.

Evans, I. H.N. (1929). Some Malay Pattern and Design. Journal of the Federated Malay States Museum, 15, 163-167.

Leng, Y. J. (1994). The Crafts of Malaysia. (S. Bhanu, Ed.) Singapore: Tien Wah Press.

May, G. C. (2008). Tembikar Baba dan Nyonya: Corak dan Motif Porselin Famille Rose (Baba and Nyonya Ceramics:Designs and Motifs of the

Famille Rose Porcelain. Wacana Seni Journal of Arts Discourse, 7, 47-90.

Nor, S. M. (2015). Reka Bentuk dan Ragam Hias Tembikar Mambong: Satu Perbandingan Lama dan Baharu. Kota Bharu: Universiti Malaysia Kelantan.