PELATIHAN MEMBUAT WAYANG MILENIAL DENGAN MEDIA EVA FOAM UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI TALENTA JAKARTA

Main Article Content

Julius Andi Nugroho
Andreas Andreas

Abstract

Seni merupakan suatu karya yang selalu di sukai oleh banyak orang, kadangkala seni dapat juga di jadikan suatu karya yang bisa di perjual belikan, oleh karena itu seni membutuhkan kreativitas dan juga imajinasi untuk menambah wawasan dan ide-ide baru. Wayang yang biasanya terbuat dari kulit sapi dan dari pahatan kayu, kita membuat ide baru sehingga wayang dapat dibuat oleh anak berkesulitan belajar menggunakan media yang tidak berbahaya dan mudah di lakukan. Media tersebut adalah Eva foam sejenis karet padat dan mudah di bentuk dengan menggunakan gunting. Tujuan Pelatihan Membuat Wayang Milenial dapat meningkatkan motorik, kreativitas dan juga imajinasi Anak Berkesulitan Belajar, karena wayang milenial tidak ada keharusan membuat wayang berupa adat jawa, tetapi dia bebas membuat wayang sesuai keinginannya, seperti super hero, maskot film animasi, foto teman sehingga anak tersebut dapat berimajinasi dengan bebas. Metode perancangan yang digunakan menggunakan kwalitatif. Hasil dari pelatihan ini adalah melatih motorik anak berkesulitan belajar dan menambah wawasan baru, juga meningkatkan kreativitas. Pelatihan ini memancing ide-ide melalui imajinasi anak tersebut. Pembahasan yang telah dilakukan mengoreksi pada saat pelatihan dan apa saja yang perlu diperbaiki untuk pelatihan mendatang, karena pelatihan untuk anak berkesulitan belajar berbeda dengan anak pada umumnya.

 

Kata kunci: Wayang milenial, Eva foam, Kreativitas imajinasi, Anak Berkesulitan Belajar

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Julius Andi Nugroho, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain

Andreas Andreas, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Adam Morioka, Color Design Workbook. Direktorat PLB. (2004). Pedoman

Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusi

Direktorat PLB (2004). Menjadikan Lingkungan Inklusif, Ramah Terhadap Pembelajaran (LIRP), Jakarta: UNESCO

Fatin, Nur. (2017). Pengertian Wayang serta Fungsi Dan Jenisnya. Seputar Pengertian.

Gusdiansyah, Rully, Teknik Cerdik Menggambar Wajah, (Jakarta: Gramedia), 2009

IDPN Indonesia. (2009) Merangkul

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2016).

wayang merupakan boneka tiruan orang

Antaranews. (2018). Pertunjukan Wayang Untuk Generasi Milenial. Antara News. Com.

Teori Albert H. Munsell

http://haichooodew.blogspot.com/2017/09/

media-pembelajaran-anak- berkesulitan.html /1 Agustus 2018.

http://www.ldonline.org/ldbasics/whatisld/1 Agustus 2017.

https://ldaamerica.org/types-of-learning- disabilities/1 Agustus 2017.

https://jagad.id/pengertian-ilustrasi-fungsi- tujuan-jenis-dan-contoh/, Di akses tanggal 20 Februari 2018

https://artsandculture.google.com/theme/Yw LC8yxnsRUtJA, Di akses tanggal 1 Februari 2019

https://www.pelajaran.co.id/2018/04/penger tian-wayang-fungsi-kandungan-dan- jenis-jenis-wayang-lengkap.html

http://seputarpengertian.blogspot.com/2017

/05/pengertian-wayang-serta-fungsi- dan-jenisnya.html?m=1