ANALISIS KOLEKSI DAN TATA PAMERAN RUANG INFORMASI DAN EDUKASI STUDI KASUS KANTOR BALAI BESAR TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER MEDAN SUMATERA UTARA

Main Article Content

Noeratri Andanwerti

Abstract

Dalam menjalankan tugas pokok dalam penyelenggaraan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan salah satu fungsinya adalah penyediaan data dan informasi, promosi dan pemasaran konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya; penyediaan data dan informasi, promosi dan pemasaran konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya; Dalam rangka optimalisasi pelayanan publik BBTNGL akan melakukan pengembangan melalui kolaborasi pengelolaan ruang informasi dan edukasi. Informasi yang dihasilkan dan dipublikasi oleh Balai Besar TNGL masih sangat terbatas, sementara kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar TNGL dan para mitra terus meningkat aktifitasnya dilapangan dan telah menghasilkan data dan informasi yang seharusnya segera dipublikasikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menghasilkan pedoman detain untuk perancangan ruang edukasi dan informasi BBTNGL. Metode kualitatif dilakukan melalui kajian deskriptif untuk melihat karakteristik dan aktivitas pengguna yaitu pengelola dan pengunjung serta materi dan tata pameran dikaitkan dengan visi, misi dan tujuan BBTNGL. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa koleksi dan tata pameran Ruang Informasi dan Edukasi di Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Medan saat ini belum dikelola dan dirancang dengan baik.

Kata kunci: desain, interior, kolesi, pameran, informasi, edukasi, taman nasional, gunung leuser

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Noeratri Andanwerti, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Membangun Budaya Literasi”. Jurnal Akrab Vol. III Ed. I (September 2017). 27 Oktober 2017. <http://sibopaksara.kemdikbud.go.id/uploads/2017-09/tampilan-jurnal- akrab-vol-vii-2016.pdf>.

Laurens, Joyce M. (2004). Arsitektur dan Perilaku Manusia.Jakarta: PT Grasindo

Snyder, J. (1984). Architectural Research . New York : Van Nostrand Reinhold Company .

Re?ti, M., & Lippai, E. (2011). Quality criteria for efficient learning environments in school buildings. Diambil kembali dari HUNGARIAN INSTITUTE FOR EDUCATIONAL RESEARCH AND DEVELOPMENT: http://ofi.hu/sites/default/files/ofipast/2011/11/Quality_criteria.pdf

Subagio, Rebecca Phylicia. Diana Thamrin. Anik Rakhmawati. (2018). Implementasi Konsep Taman Baca Dalam Redesain Interior Perpustakaan Umum Sebagai Sarana Edukasi Dan Rekreasi Di Kota Surabaya, JURNAL INTRA Vol. 6, No. 2, (2018)