PENANAMAN NILAI – NILAI PANCASILA BAGI GENERASI MUDA TIONGHOA

Main Article Content

Kurnia Setiawan
Ninawati Lihardja
Meiske Yunithree

Abstract

Pancasila berperan sebagai pemersatu bangsa Indonesia sejak awal kemerdekaan dan merupakan dasar negara hasil konsensus para pendiri bangsa. Meskipun demikian, sejak dahulu sampai sekarang pernah terjadi berbagai pergolakan yang ingin menggantikan Pancasila sebagai dasar negara. Hal ini semakin mengkhawatirkan pada masa sekarang dengan semakin menguatnya politik identitas dan intoleransi di masyarakat demi kepentingan kekuasaan. Sejak reformasi 98 ada kebebasan dan kebangkitan kesadaran politik bagi etnis Tionghoa. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana penanaman nilai – nilai Pancasila bagi orang muda Tionghoa melalui kegiatan lokakarya kebangsaan “API PANCASILA” dengan menggunakan pendekatan experiential learning. Penelitian akan merekam proses lokakarya yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, menggunakan metode observasi dan wawancara. Pendekatan experiential learning yang diterapkan memberikan kesempatan peserta untuk aktif berpartisipasi aktif selama acara. Melalui beragama aktivitas suasana lokakarya menjadi hidup dan menumbuhkan antusiasme peserta. Semua peserta mengakui ppentingnya ideology Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Adapun ketika mereka melalukan eksposure (observasi dan wawancara) dengan berbagai kelompok masyarakat di Jakarta, ternyata ada perbedaan dalam tingkat pemahaman mereka tentang Pancasila.

Keyword: Pancasila, experiential learning, generasi muda Tionghoa

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Kurnia Setiawan, Universitas Tarumanagara

Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain

Ninawati Lihardja, Universitas Tarumanagara

Fakultas Psikologi

Meiske Yunithree, Universitas Tarumanagara

Fakultas Psikologi

References

Basri, S. (2009), http://setabasri01.blogspot.co.id/2009/02/partisipasi-politik.html

Chang, Y. H (2012). Identitas Tionghoa Pasca Soeharto – Budaya, Politik dan Media, Jakarta: LP3ES

Darwis, A. (2010). Orang Indonesia Tionghoa – Mencari Identitas. Jakarta: Gramedia

Franzoi, Stephen. (2012). Social Psychology. California : BVT Publishing

Haynes, C. (2007). http://adulteducation.wikibook.us/index.php?title=Experiential_

Learning__Learning_by_Doing

Kolb, David A. (2015) Experiential Learning; Experience as the Source of Learning

and Development. New Jersey : Pearson Education Inc.

Lane, Max. 2014. Unfinished Nation. Yogyakarta : Djaman Baroe.

Huntington, S.P. dan Nelson, J (2000). Partisipasi Politik di Negara Berkembang, Jakarta: Rineka Cipta

Wibowo, I dan Thung J.L (2010). Setelah Air Mata Kering – Masyarakat Tionghoa Pasca Peristiwa Mei 1998. Jakarta: Kompas Penerbit Buku.

(lppkb.wordpress.com/2011/12/28, Buku Pancasila I, Lembaga Pengkajian dan

Pengembangan Kehidupan Bernegara)