Penerapan Model Desain Lima Langkah dalam Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual: Evaluasi Kritis

Main Article Content

Iwan Zahar

Abstract

Hampir 90 persen Skripsi atau Skripsi Sarjana Seni Universitas Tarumanagara tidak memenuhi standar penulisan Tugas Akhir. standar penulisan yang tidak seragam antar dosen, dan tidak ada acuan model penelitian yang jelas, acuan bukan yang terbaru, dan terputusnya informasi antara karya mahasiswa dengan tulisan yang dibuat dalam tugas akhir merupakan rangkaian kesalahan yang ditemukan pada 90 persen tugas akhir di Universitas Tarumanagara.

Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, angket kepada mahasiswa, observasi selama pengerjaan tugas akhir, dan review terhadap 40 tugas akhir di Desain Komunikasi Visual Universitas Tarumanagara. Wawancara dilakukan terhadap 5 dosen desain komunikasi visual, 80 mahasiswa dan wawancara mendalam dengan enam mahasiswa. Penerapan model Robin Landa membuat siswa bekerja lebih sistematis mulai dari pengumpulan data, tahap perancangan, asal usul ide, dan pembuatan prototipe. Dampak terpenting dari model Robin Landa adalah evaluasi wawasan siswa dapat dilacak dari empat tahap model kreatif Wallas yang terintegrasi dalam model Robin Landa

 

Kata Kunci : Index Terms—Robin Lands’s model, Wallas’four-stage model

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Iwan Zahar, Universitas Esa Unggul

Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain

References

A.A., Hasan, Perancangan produk lima watch. (unpublished undergraduate BA thesis), Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2017.

D.W. Suwardikun, Metodologi Penelitian Visual : Dari Seminar ke Tugas Akhir. Bandung: Bandung Dinamika Komunik, 2013.

Noble, I. R. Bestley, Visual Research introduction to research methodologies in Graphic Design. Switzerland : AVA publishing, 2005.

I. Zahar , A. Sani, Written Exams: Concrete Solution to Solve Image-Text Relation for Visual Communication Design’students (art students)? Paper presented at International Conference on Teaching & Learning in Higher Education (ICTLHE 2011), Melaka, Malaysia, 2011.

O,Odena, H. Burgess, “How doctoral students and graduates describe facilitating experiences and strategies for their thesis writing learning process: A qualitative approach”. Studies in Higher Education, vol 42, no 3, 572-590, 2017, Retrieved from https://srhe.tandfonline.com/doi/full/10.1080/03075079.2015.1063598#.XjvT0rNuLIU

Panduan Sistematika dan Teknik Penulisan MK Tugas Akhir. DKV.FSRD UNTAR. aug 2016. Retrieved from https://tadkvuntar.wordpress.com/2016/08/11/panduan-sistematika-dan-teknik-penulisan-ta/panduan-sistematika-dan-teknik-penulisan-mk-tugas-akhir-dkv-fsrd-untar-aug-2016

Patricia, Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi Makanan Sehat untuk anak sekolah dasar. (unpublished undergraduate BA thesis), Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2019.

R. Landa,Graphic Design Solutions. USA : Clark Baxter, 2013.

Safanayong, Y. Desain Komunikasi visual terpadu. Buana Printing , 2006.

Sendry, Perancangan Buku Cerita Anak-Anak. (unpublished undergraduate BA thesis), Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2013

S. Ghazinoory, M. Abdi, M. Azadegan-Mehr, “SWOT Methodology : A State of The Art Review”. Journal of Business Economics and Management, vol 12, no 1, 24-48, 2011. doi:doi:10.3846/16111699.2011.555358

W. Adhi, Panduan Tugas Akhir. Solo: Institut Seni Indonesia Surakarta, Retrieved from https://fsrd.isi-ska.ac.id/wp-content/uploads/2011/06/Panduan-TA-FSRD.pdf, 2015.