Hubungan self efficacy dengan pencapaian akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Edward Edwin
Yoanita Widjaja

Abstract

Self efficacy adalah hasil proses kognitif berupa keputusan, keyakinan, atau pengharapan seorang individu terhadap kemampuannya untuk melakukan suatu tindakan atau mencapai hasil kinerja tertentu. Self efficacy merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi pencapaian akademik mahasiswa. Belum banyak ditemukan studi tentang hal ini di Indonesia terutama di Fakultas Kedokteran. Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan pencapaian akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Studi ini merupakan studi analitik dengan metode potong lintang pada 93 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner Academic Self Efficacy Scale yang telah tervalidasi dan di analisis dengan uji Fisher Exact. Hasil studi didapatkan tingkat self efficacy sedang pada 78 (38,9%) mahasiswa dan tinggi 15 (16,1%) mahasiswa. Pencapaian akademik (IPK) 14 dari 15 mahasiswa (93,3%) yang memiliki IPK baik dengan self efficacy tinggi, sementara 69 dari 78 (88,4%) mahasiswa dengan IPK yang baik dengan self efficacy sedang, dengan p = 0,494 (p>0,05). Kesimpulan studi ini adalah tidak terdapat hubungan bermakna antara self efficacy dengan pencapaian akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Yoanita Widjaja, FK Universitas Tarumanagara

Bagian Pendidikan Kedokteran dan Bioetika

References

Abdurrahman M. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta; 1999. hlm. 37–40.

Adibah. Hubungan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Bandarkedungmulyo Jombang. J Studi Keagamaan Sos Dan Budaya Fak Agama Islam Univ Darul Ulum Jombang. 2017;2(2).

Azwar S. Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 1996.

Bandura A. Social Learning Theories. New Jersey: Prentice Hall; 1997.

Pajares F. Self-Efficacy Beliefs in Academic Settings. Am Educ Res Assoc. 1996;66(4):543–78.

Anggriyawan R. Hubungan Antara Self-efficacy Akademik dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Kristen 1 Salatiga [Skripsi]. [Salatiga]: Universitas Kristen Satya Wacana; 2014.

Hidayati DN. Program bimbingan akademik untuk meningkatkan academic self efficacy peserta didik (studi deskriptif ke arah pengembangan program bimbingan akademik bagi peserta didik kelas VII SMP negeri 9 bandung tahun ajaran 2012-2013 [skripsi]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. 2012.

Murniningsih R, Zuhriyah E, Fitrilia M. Faktor Psikologis Karyawan & Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM. The 4th University Research Coloquium. 2016

Anisa R. Hubunghan Antara Prestasi Belajar dengan Keikutsertaan dan Tingkat Keaktifan dalam Berorganisasi Mahasiswa tahun Kedua dan Ketiga Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Jurnal Kesehatan Islam: Islamic Health Journal. 2018 Apr 8;7(01).

Rachmah DN. Self Efficacy, Coping Stress dan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Ecopsy. 2016 May 19;1(1).

Supriyati S, Setiawati OR, Sandayanti V. Hubungan antara self efficacy (keyakinan kemampuan diri) dengan kelulusan retaker ukmppd di universitas malahayati. Holistik Jurnal Kesehatan. 2019 Mar 24;13(1):29-36.

Khan AS, Cansever Z, Avsar UZ, Acemoglu H. Perceived self-efficacy and academic performance of medical students at Ataturk University, Turkey. J Coll Physicians Surg Pak. 2013 Jul 1;23(7):495-8.

Lai ER. Motivation: A Literature review. Always Learning Pearson. 2011;1-44.

Lisiswati R, Sanusi R, Prihatiningsih TS. Hubungan motivasi dan hasil belajar mahasiswa kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education. 2015 Mar;4(1):1-6.

Sahita NA, Rachmawati L. Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS SMA Hang Tuah 1 Surabaya. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan. 2018 Nov 1;2(2):97-106.

Pringgoutami Z. Hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tahap preklinik fakultas kedokteran universitas lampung [skripsi]. Lampung: Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2015.

Santika F, Johan RS, Haryana G. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sman 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2016 Dec 2;4(1):1-2.

Malasari RB, Sunardi S, Suryan N. Hubungan Lingkungan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Berlian Nusantara Magetan The Correlation Environment and Learning Motivation with Learning Achievement of the Berlian Nusantara Midwifery Academy in Magetan. IJMS-Indonesian Journal on Medical Science. 2017 Feb 2;4(2).