Hubungan gangguan tidur dengan nilai mata pelajaran siswa SD X di Sibolga Sumatera Utara

Main Article Content

Ellen Liviany
Melani Rakhmi Mantu

Abstract

Tidur adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan manusia baik secara fisik maupun mental. Anak-anak merupakan subjek yang paling sering mengalami gangguan tidur karena durasi dan kualitas tidur yang kurang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada proses berpikir inovatif, proses pengambilan keputusan yang fleksibel, beberapa fungsi kognitif dan kelelahan pada siang hari. Gangguan tidur pada anak dapat berpengaruh terhadap nilai mata pelajarannya. Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara gangguan tidur dengan nilai mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional pada siswa usia 8-12 tahun. Jenis studi adalah analitik cross-sectional dan dilakukan di SD X  Sibolga Sumatera Utara pada bulan Januari 2019. Teknik yang digunakan untuk mengambil 192 sampel data adalah consecutive. Data gangguan tidur menggunakan kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC) dan nilai mata pelajaran dari nilai rapor semester 1 berupa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), matematika dan bahasa Indonesia. Hasil studi didapatkan 60% siswa memiliki gangguan tidur. Hubungan antara gangguan tidur dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah p-value=0,81, matematika p-value=0,199, bahasa Indonesia p-value=0,413. Kesimpulan dari studi ini adalah tidak terdapat hubungan secara statistik antara gangguan tidur dengan nilai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), matematika, bahasa Indonesia di SD X usia 8-12 Tahun Sibolga Sumatera Utara.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Melani Rakhmi Mantu, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

References

Watson NF, Badr MS, Belenky G, et al. Recommended amount of sleep for a healthy adult: a joint consensus statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society. Sleep. 2015. [cited 2018 Sept 20];38(6): p.843–844.

Paruthi, S., Brooks, L.J., D’Ambrosio, C., Hall, W.A.,Kotagal, S., Lloyd, R.M et al. Recommended Amount of Sleep for Pediatric Populations: A Consensus Statement of the American Academy of Sleep Medicine. Journal of Clinical Sleep Medicine (JCSM). 2016;12(6): p.785–786. [cited 2018 Oct 3]

Lima, P.F et al. Changes of Sleep Habits of Medical Students According to Class Starting Time: A Longitudinal Study. Sleep Science. 2009 Jan. [cited 2018 Sept 20]; 2(2): p.92-95.

Cai, Y.M., Yi, Z.W., Huang, H., Li, J.M., and Luo, X.M. Epidemiological Investigation of Sleep Disorders for Children at Ages of 2-12 Years in Changsha City. Zhongguo Dang Dai Er Ke Za Zhi., 2008. [cited 2018 Sept 20]:10: p.353-6.

Zahara, D.S., Hartanto, F., Adyaksa G. Hubungan Antara Gangguan Tidur dengan Pertumbuhan pada Anak Usia 3-6 Tahun di Kota Semarang. Jurnal Media Medika Muda. 2013. [cited 2018 Sept 20].

Ahira, Anne. Mengulas Anatomi, Sejarah, dan Klasifikasinya. 2013

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. 2014. 1(11), 73-100.

Arifin Zainal. Penelitian Pendidikan : Metoda dan Paradigma Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2011.

Ya’kub, Y., Widodo, D., Putri, R.M. Gangguan Tidur Berhubungan dengan Prestasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar Negeri. 2017. 2(2). [Diakses pada tanggal 28 September]

Indrawati N, Sekartini R. Hubungan antara Prestasi Belajar pada Anak dengan Gangguan Tidur di SDN 03 Pondok Cina Depok. 2016. 18(3).[Diakses pada tanggal 07 April 2019]

Dewi, S., Nursasi, A.Y. Gangguan Pola Tidur dan Prestasi Belajar pada Anak Usia Sekolah 9-12 Tahun. 2013. [Diakses pada tanggal 07 April 2019].

Haryono, A., Rindiarti, A., Arianti, A., dkk. Prevalensi Gangguan Tidur pada Remaja Usia 12-15 Tahun di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. 2009. [Diakses pada tanggal 07 April 2019]; 11(3).

Halimatussa’diah. Hubungan Gangguan Tidur dengan Prestasi Beajar pada Anak Usia 9-12 Tahun di SDN Kelapa Dua 06. 2015. [Diakses pada tanggal 07 April 2019].

Tiwa, M.W., Wahyuni, T. D., Putri, R.M. Hubungan Antara Pola Tidur dengan Prestasi Belajar Siswa SMP PGRI 03 Malang. 2018. [Diakses pada tanggal 07 April 2019]; 3(3).

Stores, G. Aspects of sleep disorders in children and adolescents. Dialogues Clin Neurosci. 2009 March [cited 2018 Oct 3];11(1): p.81-90.

Wolfson, A.R., Carskadon, M.A. Understanding adolescents' sleep patterns and school performance: a critical appraisal. Sleep Med Rev. 2003 Dec [cited 2018 Oct 3];7(6): p.491-506.

Institute of Medicine (US) Committee on Sleep Medicine and Research, Colten, H.R., Altevogt, B.M, editors. Sleep Disorders and Sleep Deprivation: An Unmet Public Health Problem. Washington. D.C. : National Academies Press. 2006. [cited 2018 Oct 3]

Buckhalt JA. Insufficient sleep and the socioeconomic status achievement gap. Child Development Perspectives. 2011;5:59–65.

McDonald L., Wardle J., Llewellyn CH., Jaarsveld C., Fisher A., Predictors of shorter sleep in early childhood. Sleep Med. 2014. 15(5);p.536–540. [cited 2019 July 12].

Dubow EF., Huesmann LR., Long-term Effects of Parents’ Education on Children’s Educational and Occupational Success: Mediation by Family Interactions, Child Aggression, and Teenage Aspirations. 2009 Jul; 55(3): 224–249. [cited 2019 July 12]