Pengaruh gaya belajar auditori dan visual terhadap kelulusan ujian teori blok Biomedik 2 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara semester ganjil 2018

Main Article Content

Angela Christine Sonjaya Putri
Rebekah Malik

Abstract

Gaya belajar adalah suatu karakteristik, kognitif, afektif dan perilaku psikomotoris. Gaya belajar sebagai indikator yang stabil untuk saling berhubungan dan bereaksi terhadap lingkungan belajar. Gaya belajar dibedakan menjadi tiga kelompok besar, yaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Secara teori di dapatkan bahwa, mahasiswa yang mempunyai gaya belajar auditori dan visual akan mempunyai hasil belajar ujian teori yang baik, dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik. Sedangkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik akan mempunyai hasil ujian keterampilan lebih baik dibandingkan mahasiswa dengan gaya belajar auditori dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar  dengan kelulusan ujian teori blok biomedik 2, pada 192 responden yang diambil secara acak, dengan menggunakan kuisioner. Hasil yang diperoleh yaitu 171 orang (89,1%) memiliki gaya belajar auditori dan visual, sisanya memiliki gaya belajar kinestetik. Dari mahasiswa yang lulus Ujian Teori Blok Biomedik 2 didapatkan 99 orang (51,6%) memiliki gaya belajar auditori dan visual. Hasil perhitungan data dengan Chi Square di dapat p value  0,725 ( > 0,05). Kesimpulan, gaya belajar auditori dan visual tidak berpengaruh terhadap angka kelulusan ujian teori blok Biomedik 2.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Rebekah Malik, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Pendidikan Kedokteran dan Bioetika

References

Sardiman. Interaksi Dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada; 2005.

Deporter B, Hernacki. Quantum learning membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, terjemahan Alwiyah Abdul Rahman. Kaifa:Bandung; 2003.

Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press; 2007.

Gilakjani A.P. Visual, auditorik, kinestetik learning styles and their impact on english language teaching. Journal of Studies in Education; 2012.

Rahmayani I. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kedokteran Universitas Hasanudin Angkatan 2016 (Tugas Akhir), Makassar, 2017.

Rahmawati E. Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Tugas Akhir), Bandar Lampung, 2016.

Yulianti S. Perbedaan Prestasi Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Semester IV Diploma III Kebidanan STIKES Aisyiyah Yogyakarta, Yogyakarta, 2011