Hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
KKI. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Edisi Ke-2. Jakarta : Konsil Kedokteran Indonesia; 2012.
UNTAR Fakultas Kedokteran. Kurikulum [Internet]. [cited 2017 Oktober 15]. Available from: http://untar.ac.id/fk/kurikulum/
Zulharman, Harsono, Kumara. Peran Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada prestasi belajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Dokter. 2008;3(3): 104–108.
Triastuti NJ. The relationship of self - directed learning readiness and learning motivation towards learning achievement of first year medical student. The 2nd International Conference on Science,Technology and Humanity; 2016; School Building 4th UMS, Gonilan, Kartasura, Jawa Tengah, Indonesia; 2016.
Direktorat Jedral Pendidikan Tinggi. Buku panduan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi; 2008.
Harsono. Pengantar problem - based learning. Edisi ke 2. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2008.
Hartono B. Self Directed Learning dalam Problem Based Learning di FK UKRIDA. Jurnal Kedokteran Meditek. Desember 2012; 48(18):35–39.
Amelia Dwi. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam kurikulum berbasis kompetensi. JMJ. 2016;4(1):95–100.
Dibyasakti BA, Rahayu GR, Emilia O, Suh Y. Tingkat pelaksanaan problem - based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan pembelajaran konstruktif, mandiri, kolaboratif, dan kontekstual. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2013;2(1):44–61.
Martinus, Rahayu GR, Emilia O. Pengaruh kinerja tutor terhadap kemandirian belajar mahasiswa dalam PBL di Fakultas Kedokteran UISU. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2012;1(3):194–199.
Loyens et al. Self directed learning in problem - based learning and its relationship with self - regulated learning. Departement of Human Development, College Park, MD, USA, Educ Psychol Rev. 2008.
Dalyono. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.
Slameto. Belajar dan faktor - faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta; 2015.
Yoshioka T et al. Facilitation of Problem Finding Among First Year Medical School Students Undergoing Problem Based Learning. Teach Learn Med. 2005; 17(2): 136–41
Trisnawanta Asih. Hubungan antara self directed learning readiness dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Dokter FKIK UNTAD. FKIK Untad.2014: 1–11.
Marizka AP. Korelasi Self - Directed Learning Readiness (SDLR)Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung; 2014
Indah Puspitasari, Pasambo TA. Hubungan self - directed learning readiness dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD. Medika Tadulako. 2016;3(2):31–39.
Oktadoni, Saputra, Rika, Lisiswati, Marizka, Putri. Korelasi Self Directed Learning Readiness (SDLR) terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun pertama Kedokteran Universitas Lampung tahun ajaran 2014/2015. Prosding Seminar Presentasi Artikel Dies Natalis FK Unila ke 13. Bandar Lampung.2015;31–35