Hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015

Main Article Content

Dede Fatmawati
Rebekah Malik

Abstract

Prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan dari proses belajar. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik diperlukan Self Directed Learning Readiness atau kesiapan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross - sectional. Jumlah sampel 108 orang. Pengambilan data dengan cara pengisian kuesioner SDLR oleh responden. Mahasiswa dengan SDLR tinggi dan prestasi belajar baik sebesar 70,6%, mahasiswa dengan SDLR tinggi dan prestasi belajar cukup sebesar 29,4%, mahasiswa dengan SDLR sedang dan prestasi belajar baik sebesar 43,9%, dan mahasiswa dengan SDLR sedang den prestasi belajar cukup sebesar 56,1%. Terdapat hubungan bermakna antara SDLR dengan prestasi belajar (p < 0,05)

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Rebekah Malik, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Pendidikan Kedokteran

References

KKI. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Edisi Ke-2. Jakarta : Konsil Kedokteran Indonesia; 2012.

UNTAR Fakultas Kedokteran. Kurikulum [Internet]. [cited 2017 Oktober 15]. Available from: http://untar.ac.id/fk/kurikulum/

Zulharman, Harsono, Kumara. Peran Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada prestasi belajar mahasiswa tahun pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Dokter. 2008;3(3): 104–108.

Triastuti NJ. The relationship of self - directed learning readiness and learning motivation towards learning achievement of first year medical student. The 2nd International Conference on Science,Technology and Humanity; 2016; School Building 4th UMS, Gonilan, Kartasura, Jawa Tengah, Indonesia; 2016.

Direktorat Jedral Pendidikan Tinggi. Buku panduan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi; 2008.

Harsono. Pengantar problem - based learning. Edisi ke 2. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; 2008.

Hartono B. Self Directed Learning dalam Problem Based Learning di FK UKRIDA. Jurnal Kedokteran Meditek. Desember 2012; 48(18):35–39.

Amelia Dwi. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam kurikulum berbasis kompetensi. JMJ. 2016;4(1):95–100.

Dibyasakti BA, Rahayu GR, Emilia O, Suh Y. Tingkat pelaksanaan problem - based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan pembelajaran konstruktif, mandiri, kolaboratif, dan kontekstual. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2013;2(1):44–61.

Martinus, Rahayu GR, Emilia O. Pengaruh kinerja tutor terhadap kemandirian belajar mahasiswa dalam PBL di Fakultas Kedokteran UISU. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2012;1(3):194–199.

Loyens et al. Self directed learning in problem - based learning and its relationship with self - regulated learning. Departement of Human Development, College Park, MD, USA, Educ Psychol Rev. 2008.

Dalyono. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Slameto. Belajar dan faktor - faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta; 2015.

Yoshioka T et al. Facilitation of Problem Finding Among First Year Medical School Students Undergoing Problem Based Learning. Teach Learn Med. 2005; 17(2): 136–41

Trisnawanta Asih. Hubungan antara self directed learning readiness dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama program studi Pendidikan Dokter FKIK UNTAD. FKIK Untad.2014: 1–11.

Marizka AP. Korelasi Self - Directed Learning Readiness (SDLR)Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung; 2014

Indah Puspitasari, Pasambo TA. Hubungan self - directed learning readiness dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD. Medika Tadulako. 2016;3(2):31–39.

Oktadoni, Saputra, Rika, Lisiswati, Marizka, Putri. Korelasi Self Directed Learning Readiness (SDLR) terhadap prestasi belajar mahasiswa tahun pertama Kedokteran Universitas Lampung tahun ajaran 2014/2015. Prosding Seminar Presentasi Artikel Dies Natalis FK Unila ke 13. Bandar Lampung.2015;31–35