Hubungan kualitas tidur dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Stefanie Stefanie
Enny Irawaty

Abstract

Mahasiswa kedokteran memiliki beban tugas dan tanggung jawab yang berat. Hal tersebut dapat memengaruhi gaya hidup, termasuk pola tidur. Gangguan tidur dapat berdampak buruk terhadap fungsi kognitif, memori, dan kemampuan memusatkan perhatian, sedangkan hal tersebut penting untuk keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan hasil belajar pada mahasiswa kedokteran. Metode penelitian yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian dilakukan pada 205 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dengan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menilai kualitas tidur. Hasil belajar dinilai berdasarkan hasil komponen teori suatu blok sebelum ujian remedial. Pada penelitian ini digunakan uji statistik chi-square untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Sebanyak 144 mahasiswa (73,1%) mengalami kualitas tidur buruk dan 78 mahasiswa (39,6%) memiliki hasil belajar yang buruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan hasil belajar. Mahasiswa dengan kualitas tidur buruk tidak selalu mendapatkan hasil belajar yang buruk.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Enny Irawaty, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Fisiologi

References

Rique GLN, Fernandes Filho GMC, Ferreira ADC, de Sousa-Muñoz RL. Relationship between chronotype and quality of sleep in medical students at the Federal University of Paraiba, Brazil. Sleep Sci. 2014 Jun; 7(2): 96–102.

Preišegolavi?i?t? E, Leskauskas D, Adomaitien? V. Associations of quality of sleep with lifestyle factors and profile of studies among Lithuanian students. Medicina (Kaunas).2010;46(7):482-9.

Nilifda H, Nadjmir, Hadisman. Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas [Internet]. 2016 [cited 2016 Okt 19];5(1). Available from: http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/477

Azad MC, Fraser K, Rumana N, Abdullah AF, Shahana N, Hanly PJ, et al. Sleep disturbance among medical students: a global perspective. J Clin Sleep Med. 2015;11(1):69-74.

Curcio G, Ferrara M, De Gennaro L. Sleep loss, learning capacity and academic performance. Sleep Med Rev. 2006 Oct;10(5):323-37.

Machado-Duque ME, Echeverri Chabur JE, Machado-Alba JE. Excessive Daytime Sleepiness, Poor Quality Sleep, and Low Academic Performance in Medical Students. Rev Colomb Psiquiatr. 2015 Jul-Sep;44(3):137-42.

Ahrberg K, Dresler M, Niedermaier S, Steiger A, Genzel L. The interaction between sleep quality and academic performance. J Psychiatr Res. 2012 Dec;46(12):1618-22.

Indrawati N. Perbandingan kualitas tidur mahasiswa yang mengikuti ukm dan tidak mengikuti ukm pada mahasiswa regular FIK UI [skripsi]. Depok: Universitas Indonesia; 2012 [cited 2016 Dec]. Available from: http://lib.ui.ac.id/file?file=digita20308112-S42629-Perbandingan%20kualitas.pdf

Sherwood L. Human physiology: from cells to systems. 8th ed. Belmont, CA : Brooks/Cole, Cengage Learning; 2013. 928p.

National Sleep Foundation. Sleep drive and your body clock [Internet]. United States of America: National Sleep Foundation; 2016 [cited 2016 Dec]. Available from: https://sleepfoundation.org/sleep-topics/sleep-drive-and-your-body-clock/page/0/1

Healthy Sleep. External factors that influence sleep [Internet]. 2007 [cited 2016 Dec]. Available from: http://healthysleep.med.harvard.edu/healthy/science/how/external-factors

World Health Organization. Night noise guidelines for Europe. Guidelines. Denmark; 2009.

Perumal SRP. Synopsis of sleep medicine. USA: Apple Academic Press Inc; 2017.

Mirghni HO, Elnour MAA. The perceived stress and approach to learning effects on academic performance among Sudanese medical students. Electron Physician. 2017 Apr [cited 2017 Nov]; 9(4): 4072–4076. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5459274/

Ward PJ. Influence of study approaches on academic outcomes during pre-clinical medical education. Med Teach. 2011[cited 2017 Nov];33(12):e651-62. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22225447