Hubungan Activity Daily of Living (ADL) dengan tingkat depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Wreda Budhi Dharma Bekasi

Main Article Content

Ni Luh Putu Citramas
Noer Saelan Tadjudin

Abstract

Lanjut Usia adalah kelompok usia pada manusia yang telah mengalami fase akhir kehidupan mereka. Ditandai dengan perubahan psikis, penurunan fungsi tubuh yang dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Activity Daily of Living (ADL) dengan Tingkat Depresi pada lansia di Pantai Sosial Tresna Werdha Budhi Dharma Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu total population sampling sebanyak 96 responden. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Indeks ADL Barthel dan Geriatric Depression Scale (GDS). Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapatnya hubungan yang signifikan antara Activity Daily of Living dengan Tingkat Depresi, dengan p value= < 0,001. Disarankan kepada pihak Panti Sosial Tresna Werdha Bekasi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala setiap bulannya.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Noer Saelan Tadjudin, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Jiwa

References

Kaplan HI, Sadock BJ, and Grebb JA. Sinopsis psikiatri: Ilmu pengetahuan perilaku psikiatri klinis, Jilid 2. Jakarta: Bina Rupa Aksara; 2010.

Statistik Penduduk Lanjut Usia; 2014. Dikutip dari: www.bappenas.go.id

Riskesdas; 2013. Dikutip dari: http://journal.unair.ac.id/index.php/JBE/article/download/1308/1067

Stanley M, Beare PG. Buku ajar keperawatan gerontik, Edisi ke-2 . Nety Juniarti, Sari Kurnianingsih, Editor. Jakarta: EGC; 2006.

Sheikh JI, Yesavage JA. Geriatric Depression Scale (GDS): recent evidence and development ofa shorter version. Clin Gerontol. 1986 June;5(1/2):165-173.

Yesavage JA, Brink TL, Rose TL, et al. Development and validation of a geriatric depression screening scale: a preliminary report. J Psychiatr Res. 1982-83;17(1):37-49.

Tarigan AHZ. Pengaruh status bekerja ibu terhadap kemandirian dan prestasi belajar remaja akhir; 2011. Dikutip dari: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22837/5/Chapter%20I.pdf

Atik Feryanti, dkk. Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemandirian lansia dalam merawat diri di Rw 012 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Hasil penelitian mahasiswa fakultas keperawatan UI

Fathra A, Eka Y, dan Reni S. Jurnal keperawatan Soedirman. Volume 9 (2). Juli 2014. Diperoleh dari: http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks.