Hubungan antara tingkat stres dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014

Main Article Content

Metta Andriliani Tantra
Enny Irawaty

Abstract

Stres merupakan suatu perasaan emosional yang sering dialami manusia, terutama bagi mereka yang menghadapi tuntutan untuk bertindak secara cepat dan tepat. Mahasiswa kedokteran dalam pendidikannya dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres yang dialami mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dan keterkaitannya dengan hasil belajar Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Tingkat stres mahasiswa diukur dengan menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale. Data hasil belajar didapatkan dari pengumuman hasil ujian tulis dan KKD. Tingkat stres yang paling banyak dialami mahasiswa adalah stres sedang (78,4%), diikuti stres berat (12,2%) dan stres ringan (9,5%). Hasil belajar mahasiswa yang didapatkan yaitu lulus blok sebesar 81,2% dan gagal blok sebesar 18,9%. Pada penelitian ini tidak ditemukan adanya hubungan antara tingkat stres dan hasil belajar (nilai p>0,05). Banyak mahasiswa kedokteran yang mengalami stres, namun tidak memiliki keterkaitan dengan hasil belajar, seberapapun tingkat stres yang dialaminya.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Enny Irawaty, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Fisiologi

References

Australian psychologycal society. Understanding and managing stress. Melbourne: The Australian Psychological Society Limited;2012. Available from: http://www.psychology.org.au/Assets/Files/StressTipSheet.pdf

Klinic Community Health Centre. Stress and stress management. Canada; 2010 Jan. 29p. Available from: http://hydesmith.com/de-stress/files/StressMgt.pdf

Direktorat pembelajaran dan kemahasiswaan & direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Buku kurikulum pendidikan tinggi. Jakarta;2014.

Sohail N. Stress and academic performance among medical student. Journal of the college of physicians and surgeons Pakistan. 2013;23(1):67-71. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23286627

Veena N, Shastri S. Stress and academic performance. Int J Indian Psychol. 2016;3(3);74-8.

Elias H. Stress and academic archievement among undergraduate students in university putra Malaysia. International Cenference on Education and Educational Psychology. 2011;646-55.

Rahmi N. Hubungan tingkat stress dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat II prodi D-III kebidanan. Jurnal ilmiah STIKes U’Budiyah. 2013;2(1). Available from: http://www.ejournal.uui.ac.id/jurnal/Nuzulul_Rahmi-hqv-6-jurnal_nuzulul.pdf

Daleru S. Hubungan stres terhadap hasil belajar [skripsi]. Jakarta;2014.

Cohen S. Perceived stress scale. Mind garden;1994. Available from: http://www. mindgarden.com/documents/PerceivedStressScale.pdf

Tan LP. hubungan kebiasaan olahraga dengan tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas sumatera utara tahun masuk 2008 [skripsi]. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara;2008.

Shah Mohsin et al. Perceived stress, sources and severity of stress among medical undergraduates in a Pakistani Medical School. BMC Medical Education. 2010;10:2. Available from: https://bmcmededuc.biomed central.com/articles/10.1186/1472-6920-10-2

Yussof MSB, Rahim AFA. The medical student stressor questionnaire (MSSQ). Malaysia: KKMED Publications; 2010. P.12-16.

W Nuallaong. Correlation between stressor and academic performance in second year medical students. Thailand:J Med Assoc Thai;2011. Available from: https://www. ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22619912

Mirghni H.O, Elnour M. A. A. The Perceived stress and approach to learning effects on academic performance among sudanese medical students. Electron Physician. 2017;9(4):4072-6. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5459274/pdf/epj-09-4072.pdf

Melaku L, Mossie A dan Negash A. Stress among medical students and its association with substance use and academic performance. Journal of Biomedical Education. 2015;2015.

Kumar M,Sharma S,dkk. Effect of stress on academic performance in medical student a cross sectional study. The official Journal of the Association of Physiologist and Pharmacologist of India. 2014;58:0019-5499.

Al-dubai SAR, Al-Naggar RA, at all. Stress and coping strategies of students in a medical school in Malaysia. The Malaysian Journal of Medical Sciences. 2011;18(3):57-64. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih. gov/pmc/articles/PMC3216229/