Pengaruh kafein terhadap waktu reaksi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015/2016

Main Article Content

Diana Putri Subroto
Susy Olivia Lontoh

Abstract

Kafein terkenal dengan manfaatnya yang dapat membuat seseorang dalam keadaan terjaga dan tetap fokus, selain itu juga dapat mempercepat waktu reaksi, sebab itu kafein menjadi bagian penting dalam kehidupan mayoritas manusia. Kopi mengandung kafein lebih banyak dari sumber kafein lainnya seperti teh maupun kakao. Waktu reaksi adalah waktu yang dibutuhkan untuk merespon   secara   sadar   terhadap   suatu  rangsangan   yang  diberikan.   Beberapa   penelitian sebelumnya   telah  menyebutkan   bahwa  kafein   dapat  memperpendek   waktu  reaksi   yang dibutuhkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan rerata waktu reaksi sebelum dan sesudah pemberian kafein pada mahasiswa  Fakultas  Kedokteran  Universitas  Tarumanagara.  Penelitian  ini  menggunakan metode quasi-experimental dengan pendekatan pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan cara Non-Random Sampling jenis Consecutive Sampling. Data diperoleh menggunakan metode Ruler Drop Test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa waktu reaksi setelah minum kopi pada menit ke 30 sebesar 0,148s dan pada menit ke 45 sebesar 0,129s lebih pendek daripada waktu reaksi sebelum minum kopi sebesar 0,195s (p <0,05). Mahasiswa kedokteran disarankan meminum kopi bagi yang memiliki atau akan melakukan aktivitas yang menuntut kecepatan dan memperhatikan dosis yang diminum untuk menghindari efek samping yang mungkin timbul.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Susy Olivia Lontoh, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Fisiologi

References

Indonesia: total coffee consumption 2017 Statistic [Internet]. [cited 2017 Aug 18].

Available from: http://www.statista.com/ statistics/314982/indonesia-total-coffee-consumption/

Weinberg, Bennet Alan Bealer BK. The Miracle of Caffeine: manfaat tak terduga kafein berdasarkan penelitian paling mutakhir. Bandung: Qanita; 2010.

Senel O, Eroglu H. Correlation Between Reaction Time and Speed in Elite Soccer Players. Gazy University, Ankara,Turkey, 2006:126

Kusnadi, Maya Lisdyana. Pengaruh Kafein Terhadap Waktu Reaksi. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha: 2001. Available from: http://repository. maranatha.edu/15577/. [cited 2018 May 3].

Dewi, Szzanurindah Viony. Pengaruh Kafein Pada Coklat (Theobroma Cacao) Terhadap Waktu Reaksi Sederhana Pria Dewasa. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Maranatha: 2014. Available from: http://repository.maranatha.edu/15577/. [cited 2018 May3].