Perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2016 terhadap SADARI sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan

Main Article Content

Arianto Salim
Ernawati Ernawati

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Jenis kanker yang paling sering ditemui pada wanita adalah kanker payudara. Kanker ini dapat disebabkan oleh bermacam-macam  faktor, contohnya adalah penggunaan  alkohol,  obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik. Dengan melakukan SADARI, kelainan pada payudara dapat dideteksi  secara  dini,  sehingga  peluang  untuk  sembuh  lebih  besar.  Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswi FK UNTAR angkatan 2016 terhadap SADARI. Jenis penelitian ini adalah analitik eksperimental dengan cara quasi-experimental. Setelah dilakukan pre-test, dilakukan penyuluhan dan selang beberapa hari dilakukan post-test. Hasil yang didapat adalah terdapat perubahan pada pengetahuan, sikap, dan perilaku setelah diberikan penyuluhan. Hasil analisa McNemar pada pengetahuan responden, terdapat 28 mahasiswi (36.4%) yang berubah menjadi pengetahuan baik setelah diberikan penyuluhan (p <0.001). Sikap responden yang berubah menjadi baik setelah diberikan penyuluhan berjumlah 23 mahasiswi (29.9%) dengan p = 0.002. Mahasiswi yang perilakunya berubah dari tidak melakukan menjadi melakukan SADARI berjumlah 10 mahasiswi (13%) dengan p = 0.629. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penyuluhan sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mahasiswi terhadap SADARI, tetapi untuk merubah perilaku dibutuhkan kemauan dari masing-masing mahasiswi utnuk menjaga kesehatannya. Maka dari itu, mahsiswi perlu dimotivasi agar mau melakukan SADARI.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Ernawati Ernawati, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat

References

WHO. Cancer. [Online].; 2015 [cited 2016 Juni 28. Available from: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs297/en/.

WHO. Breast cancer: prevention and control. [Online]. [cited 2016 Juni 28. Available from: http://www.who.int/cancer/detection/breastcancer/en/index2.html.

Sutter Health California Pacific Medical Center. Breast cancer risk factors & prevention. [Online].; 2014 [cited 2016 Juni 28. Available from: http://www.cpmc.org/services/cancer/breast/cancer-breast-risk-factors.html.

World Cancer Research Fund International. Cancer facts & figures worldwide data. [Online]. 2015 [cited 2016 Juni 28. Available from: http://www.wcrf.org/int/cancer-factsfigures/worldwide-data.

World Cancer Research Fund International. Breast cancer statistics. [Online].; 2015 [cited 2016 Desember 26. Available from: http://www.wcrf.org/int/cancer-facts-cancer-statistics.

Haghighi F, Hoseini SM, Eshaghi S, Naseh G, Tavakoli MR. The effects of education on breast self-examination knowledge,attitude, and practice among the female employees of Birjand University. Mod Care Journal. 2015 Januari; XII(1).

Moussa MMM. Effect of Breast Self-Examination Education Program on Knowledge, Attitude and Practice of Nursing Students. International Journal of Research Studies in Biosciences. 2014 Juli; II(6).

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku Jakarta: Pt. Rineka Cipta; 2007.