Hubungan intensitas penggunaan gawai terhadap kualitas tidur mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara
Main Article Content
Abstract
Penggunaan gawai yang semakin meluas di kalangan mahasiswa membawa dampak terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk kualitas tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara intensitas bermain gawai terhadap kualitas tidur mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara angkatan 2021 selama masa pembelajaran. Desain penelitian menggunakan pendekatan observasional analitik dengan rancangan potong lintang. Pengambilan data dilakukan pada Maret- April 2025 menggunakan kuesioner intensitas penggunaan gawai dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Sebanyak 78 responden yang memenuhi kriteria inklusi berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden sebanyak 66 orang (84,6%) pengguna gawai intensitas sedang dan sebanyak 53 orang (67,9%) kualitas tidur buruk . Uji Fisher Exact menunjukkan hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gawai dan kualitas tidur (p = 0,007), prevalensi risiko gangguan tidur 1,61 kali lebih tinggi pada responden dengan intensitas penggunaan tinggi Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara tingginya intensitas penggunaan gawai dengan buruknya kualitas tidur. penting bagi institusi pendidikan dan masyarakat untuk memberikan edukasi terkait penggunaan gawai yang sehat serta menjaga kebiasaan tidur yang baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
1. Cain N, Gradisar M. Electronic media use and sleep in school-aged children and adolescents: A review. Sleep Med. 2010;11(8):735–42.
2. Hale L, Guan S. Screen time and sleep among school-aged children and adolescents: A systematic literature review. Sleep Med Rev. 2015;21:50–8.
3. Lemola S, Perkinson-Gloor N, Brand S, Dewald-Kaufmann JF, Grob A. Adolescents’ sleep patterns and psychological functioning: A mediation model. Acta Paediatr. 2015;104(4):365–73.
4. Van den Bulck J. Text messaging as a cause of sleep interruption in adolescents, evidence from a cross-sectional study. J Sleep Res. 2003;12(3):263.
5. Gradisar M, Wolfson AR, Harvey AG, Hale L, Rosenberg R, Czeisler CA. The sleep and technology use of Americans: findings from the National Sleep Foundation's 2011 Sleep in America poll. J Clin Sleep Med. 2013;9(12):1291–9.
6. Jain M, Kumar M, Gawande A, Narlawar U, Padya P. Smartphone addiction and its effect on sleep quality in medical students -across-sectional study. Int J Community Med Public Health. 2025;12(8):3686-9.
7. Liu H, Zhou Z, Huang L, Zhu E, Yu L, Zhang M. Prevalence of smartphone addiction and its effects on subhealth and insomnia: cross-sectional study among medical students. BMC Psychiatry. 2022;22:305.
8. Alhafi M, Matrood R, Alamoudi M, Alshaalan Y, Alassafi M, Omair A, et al. The Association of Smartphone Usage with Sleep Disturbances among Medical Students. Avicenna J Med. 2024;14(3):152-7.
9. Budianto P, Kirana DH, Hafizhan M, Putra SE, Mirawati DK, Hanindia Riani Prabaningtyas HR. The impact of gawai use for medical education during covid-19 pandemic on neck pain, neck disability, and sleep quality among medical students in Indonesia. Inter J Public Heath Sci. 2022;11(2):581-8.
10. Shochat T, Flint-Brettler O, Tzischinsky O. Sleep patterns, electronic media exposure and daytime sleep-related behaviours among Israeli adolescents. Acta Paediatr. 2010;99(9):1396–400.
11. Zahrani NH, Nurdiani R. Hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap kualitas tidur pada mahasiswa. Jurnal Psikologi. 2015;9(2):110–7.
12. Buysse DJ, Reynolds CF, Monk TH, Berman SR, Kupfer DJ. The Pittsburgh Sleep Quality Index: A new instrument for psychiatric practice and research. Psychiatry Res. 1989;28(2):193–213.
13. Adiyatma Y. Hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada mahasiswa fakultas kedokteran. Jurnal. 2016;2(1):23–9.
14. Kolla BP, Mansukhani S, Mansukhani MP. Consumer sleep tracking devices: a review of mechanisms, validity and utility. Expert Rev Med Devices. 2016;13(5):497–506.
15. Alotaibi AD, Alsufyani SA, Alghamdi AS. The effect of insomnia on academic performance: a cross-sectional study among medical students. Int J Med Educ. 2020;11:170–5.
16. Cajochen C, Frey S, Anders D, Spät J, Bues M, Pross A, et al. Evening exposure to LED-backlit screens affects circadian physiology and cognitive performance. J Appl Physiol. 2011;110(5):1432–8.
17. Chang AM, Aeschbach D, Duffy JF, Czeisler CA. Evening use of light-emitting eReaders negatively affects sleep, circadian timing, and next-morning alertness. Proc Natl Acad Sci USA. 2015;112(4):1232–7.
18. Przybylski AK, Murayama K, DeHaan CR, Gladwell V. Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Comput Human Behav. 2013;29(4):1841–8.
19. Exelmans L, Van den Bulck J. Bedtime mobile phone use and sleep in adults. Soc Sci Med. 2016;148:93–101.
20. Alhassan AA, Alqurashi HS. Association between screen time and sleep patterns among university students. Sleep Health. 2022;8(1):34–41.
21. Pratama RA, Widodo PS. Literasi digital dan kebiasaan penggunaan gadget pada mahasiswa. J Ilmu Komunikasi. 2021;19(2):175–85.
22. Harvard Health Publishing. Blue light has a dark side. Cambridge: Harvard Medical School. 2020. Available from: https://www.health.harvard. edu/staying-healthy/blue-light-has-a-dark-side
23. Lemola S, Perkinson-Gloor N, Brand S, Dewald-Kaufmann JF, Grob A. Adolescents' sleep patterns and psychological functioning: a mediation model linking screen-based media use to sleep. Acta Paediatr. 2015;104(4):365–73.
24. Foley L. School and Sleep [Interne]. Seattle: Sleep Foundation. 2023. Available from: https://www.sleepfoundation.org/school-and-sleep
25. Vollmer C, Randler C. Association between chronotype and academic performance: a meta-analysis. Chronobiol Int. 2012;29(7):942–51.

