Perbandingan metode penyuluhan kesehatan pada pengetahuan, sikap dan perilaku cuci tangan siswa SMAN 05 Bengkulu

Main Article Content

Soffie Yayazucah Titania
Clement Drew

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan perilaku yang harus diterapkan setiap individu. Cuci tangan yang baik merupakan salah satu penerapan PHBS. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang tepat dan konsisten akan membantu masyarakat untuk terhindar dari berbagai penyakit menular dan tidak menular seperti diare hingga hipertensi. Metode edukasi memiliki peran penting untuk memastikan baiknya pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai PHBS, salah satunya mencuci tangan. Pemberian edukasi dengan media flyer dengan video dihipotesiskan akan lebih menarik untuk diperhatikan oleh murid-murid tingkat SMA. Studi ini merupakan studi eksperimental yang menilai pengaruh beda jenis media edukasi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku mengenai cuci tangan pada siswa SMAN 05 Bengkulu. Metode edukasi yang dibandingkan ialah flyer dibandingkan dengan demonstrasi dan flyer. Responden studi dipilih berdasarkan randomisasi kelas sebanyak 130 responden. Rata-rata pengetahuan, sikap dan perilaku sebelum edukasi didapatkan berurutan ialah 54,92; 90,77; 81,03. Rata-rata pengetahuan, sikap dan perilaku setelah edukasi berurutan sebesar 65,60; 92,31; 93,46. Selisih pengetahuan, sikap dan perilaku secara berurutan sebesar 10,58; 1,54; 12,44. Hasil uji Mann-Whitney untuk pengetahuan dan perilaku diperoleh p-value <0.05 yang artinya signifikan secara statistik. Sedangkan untuk sikap diperoleh p-value >0.05 yang artinya tidak signifikan secara statistik. Pada mereka yang hanya mendapatkan flyer saja menunjukkan peningkatan terhadap pengetahuan dan perilakunya dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan demonstrasi dan flyer. Sedangkan pada sikap tidak ada perbedaan antara mereka yang hanya mendapatkan flyer saja dengan mereka yang mendapatkan demonstrasi dan flyer.  

Article Details

Section
Artikel Asli

References

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Paduan Opsi Sarana CTPS [Internet]. Jakarta; 2020. Tersedia dari: https://repositori.kemdikbud.go.id/ 19910/1/CTPS.pdf

2. Narwastu CMM, Irsan A, Fitriangga A. Efektivitas penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan mencuci tangan siswa MTs Miftahul Ulum 2 Kubu Raya. Jurnal Cerebellum. 2020;6(4):90-3.

3. Ramadhan MA. Pengaruh Promosi Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu [Skripsi]. Bengkulu: Politeknik Kemenkes Bengkulu; 2020.

4. Reziana T. Perbedaan Perilaku Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Terhadap siswa kelas IV dan V SDN 24 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Tahun 2018 [Skripsi]. Padang: Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang; 2018.

5. Rastini NK, Marwati NM. Perbedaan Penggunaan Metode Ceramah Dengan Metode Ceramah Kombinasi Media Video Terhadap Pengetahuan dan Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2018;8(1):13-22.

6. Friedenberg J, Silverman G. Gognitive science: An introduction to the study of mind. California: Sage Publication, Inc. 2006.

7. Mayer RE. Multimedia learning. 3rd ed. Cambridge: Cambridge University Press. 2021

8. Indah J, Junaidi. Efektivitas Penggunaan Poster dan Video Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Tentang Buah dan Sayur Pada Siswa Dayah Terpadu Inshafuddin. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan. 2021;2(2)129-35.

9. Antari I, Riandani SD, Siwi IN. Efektivitas Penggunaan Media Video dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika. 2020;11(1):27-34.