Hubungan motivasi belajar dan prestasi akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2023

Main Article Content

Maslacha Hasan
Rebekah Malik

Abstract

Motivasi belajar, meliputi dorongan internal dan eksternal, merupakan faktor penting yang memengaruhi seseorang dalam mencapai tujuan akademik. Studi yang dilakukan bertujuan guna mengeksplorasi keterkaitan antara motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2023. Studi analitik ini melibatkan 189 siswa sebagai sampel dan dipilih secara acak dengan menggunakan desain studi cross-sectional. Data motivasi belajar didapatkan menggunakan kuesioner dan data prestasi belajar menggunakan hasil indeks prestasi kumulatif (IPK) semester terakhir. Hasil studi menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat motivasi belajar yang cukup (111 orang; 58,7%) dan prestasi akademik yang baik (156 orang; 82,54%), dengan rata-rata IPK sebesar 3,32. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner Academic Motivation Scale (AMS). Analisis statistik menggunakan uji chi-square tidak menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik (p-value 0,289). Namun, analisis epidemiologis menunjukkan adanya korelasi positif dengan rasio risiko sebesar 2,87. Hasil ini mengindikasikan bahwa motivasi belajar berpotensi memberikan pengaruh positif terhadap prestasi akademik.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

1. Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.

2. Daruyani S, Wilandari Y, Yasin H. Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa FSM universitas diponegoro semester pertama dengan metode logistik biner. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2013. 2013:185-94.

3. Abduloh SP, Suntoko MP, Purbangkara T, Abikusna A. Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia; 2022.

4. Rahmat PS. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018

5. Ryan RM, Deci EL. Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology. 2020;61(3):101860

6. Astuti ER, Zakaria R. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik [Skripsi]. Journal Health & Science: Gorontalo Journal Health and Science Community. 2021;5(1):222-8.

7. Putri Y, Dahri M. Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP YPM Bangko [Skripsi]. Ekopendia. 2020;5(2):68-76.

8. Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 105 tentang Perubahan atas Peraturan Universitas Tarumanagara nomor 091 tentang Penyelanggara pada Fakultas Kedokteran. 2014

9. Baskoro A. Hubungan antara motivasi belajar, keaktifan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa: Studi kasus mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 Universitas Sanata Dharma. [Skripsi]. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. 2017

10. Widiastuti Y, Zulharman, Risma D. Hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas kedokteran universitas riau angkatan 2011 [Skripsi]. Riau: Fkultas Kedokteran Universitas Riau

11. Makkiyah F, Harfiana E, Anisah. Pengaruh jenis kelamin dalam variasi indeks prestasi kumulatif mahasiswa kedokteran di universitas pembangunan nasional veteran jakarta [Skripsi]: Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Veteran Jakarta; 2019.

12. Hafida AN. Hubungan antara motivasi akademik dengan ondeks prestasi akademik mahasiswa fakultas kedokteran [Skripsi]. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang; 2023.

13. Riezky AK, Sitompul ZA. Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. J Aceh Med. 2017;1(2):79-86.

14. Ompusunggu HES. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa/i fakultas kedokteran universitas HKBP nommensen [Skripsi]. Medan: Departemen Biologi Sel dan Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine. 2020;6(1):32-35.

15. Hidayah A. Gambaran motivasi belajar mahasiswa keperawatan program S1 reguler yang kuliah sambil bekerja [Skripsi]. Jakarta: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia; 2008

16. Yusuf M. Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran unsyiah banda aceh 2013 [Skripsi]. Banda Aceh: Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala; 2013.