Pengaruh durasi penggunaan aplikasi TikTok terhadap meningkatnya perilaku fear of missing out
Main Article Content
Abstract
Fear of Missing Out (FoMO) atau kecemasan yang timbul saat seseorang merasa ketinggalan momen penting telah menjadi fenomena psikologis yang semakin umum di era digital, terutama di kalangan pengguna aktif media sosial. Meskipun istilah ini semakin populer, studi mendalam mengenai faktor pemicu dan dampaknya masih terbatas, termasuk faktor-faktor apa saja yang berkontribusi pada meningkatnya perilaku FoMO. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi penggunaan media sosial khususnya aplikasi TikTok terhadap meningkatnya perilaku Fear of Missing Out pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Studi ini menggunakan desain potong lintang dan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Instrumen yang digunakan melalui kuesioner berisi Fear of Missing Out scale (FoMOs) yang dibuat oleh Przybylski dan dilakukan wawancara untuk mencatat durasi penggunaan aplikasi media sosial dalam satu minggu terakhir. Hasil studi terhadap 204 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi menunjukkan pengaruh signifikan aplikasi TikTok terhadap peningkatan perilaku Fear of Missing Out (FoMO) secara statistik dengan nilai signifikansi <0.001. Studi ini menemukan sebagian besar responden memiliki FoMO rendah dan media sosial TikTok merupakan media sosial dengan durasi penggunaan paling tinggi dan paling berkontribusi terhadap timbulnya perilaku Fear of Missing Out jika dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Instagram, WhatsApp.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
1. We Are Social. Digital 2025 Indonesia [Internet]. Jakarta; We Are Social; 2025. Available from: https://wearesocial.com/id/ blog/2025/02/digital-2025/
2. Zhou R. Understanding the Impact of TikTok ’ s Recommendation Algorithm on User Engagement. International Journal of Computer Science and Information Technology. 2024;3(2):201-8.
3. Przybylski AK, Murayama K, Dehaan CR, Gladwell V. Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Comput Human Behav. 2013;29(4):1841–8.
4. Kaloeti DVS, Kurnia S A, Tahamata VM. Validation and psychometric properties of the Indonesian version of the Fear of Missing Out Scale in adolescents. Psicol Reflex e Crit. 2021;34(1):15[11p.]
5. Gezgin D, Hamutoğlu N, Gemikonakli O, Raman İ. Social networks users: Fear of missing out in preservice teachers: Journal of education and practice. J Educ Pract. 2017;8(17):156–68.
6. Amadea S, Saputera MD, Chris A. Gambaran Fear of Missing Out Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahun 2022. J Kesehat Tambusai. 2023;4(3):2387–92.
7. Gopal D, Putteeraj M, Somanah J, Newton VF. TikTok and the fear of missing out : Analyzing social media consumption and mental wellbeing. Applied Psychology Research. 2024;3(2):1483[24p.]
8. Fioravanti G, Casale S, Benucci SB, Prostamo A, Falone A, Ricca V, et al. Fear of missing out and social networking sites use and abuse: A meta-analysis. Comput Human Behav. 2021;122(April):106839.
9. Fahsya NKPA, Junaidi A. Fenomena Fear of Missing Out ( FOMO ) pada Generasi Z dalam Mengikuti Trend Tiktok. Kiwari. 2025;4(1):61–70.
10. Kirkpatrick CE, Lawrie LL. TikTok as a source of health information and misinformation for young women in the united states: Survey study. JMIR Infodemiology. 2024;4(1):1-16.
11. Wirman W, Yozani RE, Angela S, Surbakti RS. Study of communication phenomenology of Tiktok users who have experienced fear of missing out on behavior. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi. 2023;9(1):53-66.
12. Apriyanti S, Wijayani QN. The Phenomenon of Fear of Missing Out (Fomo) on Tiktok Application Users With an Analysis of Islamic Educational Psychology Perspectives Among Trunojoyo Madura University Students. Edusoshum. 2024;4(1):1–11.