Hubungan stres dan prokrastinasi pada mahasiswa kedokteran di Jakarta Barat
Main Article Content
Abstract
Stres merupakan hal yang terjadi saat tubuh menghadapi sesuatu yang dianggap mengancam. Stres akademik menjadi sebuah fenomena yang sering diamati pada mahasiswa kedokteran yang muncul sebagai respon terhadap tingginya tuntutan akademik. Tingkat stres akademik yang tinggi dapat menyebabkan mahasiswa menunda mengerjakan tugas yang diberikan sehingga mengakibatkan penurunan performa dan hasil akademik. Tujuan dari studi ini ialah untuk melihat hubungan antara stres dan perilaku menunda belajar atau mengerjakan tugas (prokrastinasi) pada mahasiswa kedokteran. Desain pada studi ini ialah studi analitik potong lintang yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada bulan Maret 2024. Subjek studi sebanyak 265 mahasiswa diambil menggunakan teknik consecutive sampling. Instrumen Depression Anxiety Stress Scale-42 (DASS-42) digunakan untuk mencari prevalensi stres, sementara instrumen Academic Procrastination Scale digunakan untuk mencari pola perilaku menunda (prokrastinasi). Studi ini mendapatkan hasil sebanyak 146 responden (55,1%) dari 265 mahasiswa mengalami stres dan sebanyak 40 responden (15,1%) memiliki perilaku menunda tingkat tinggi, 188 responden (70,9%) memiliki perilaku menunda tingkat sedang, dan 37 responden (14%) memiliki perilaku menunda tingkat rendah. Uji analitik antar kedua variabel diadaptkan nilai p sebesar 0,003. Studi ini menyimpulkan adanya hubungan signifikan antara stres dengan prokrastinasi pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
1. Sherwood L. Introduction to Human Physiology. 8th ed. Brooklyn: Cengage Learning; 2013.
2. Tsigos C, Kyrou I, Kassi E, Chrousos GP. Stress: Endocrine Physiology and Pathophysiology. In: Endotext [Internet]. South Dartmouth (MA): MDText. com, Inc.; 2020. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK278995/
3. Agusmar AY, Vani AT, Wahyuni S. Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Heal Med J. 2019;1(2):34–8.
4. Mofatteh M. Risk Factors Associated with Stress, Anxiety, and Depression Among University Undergraduate Students. AIMS Public Heal. 2021;8(1):36–65.
5. Saman A. Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). J Psikol Pendidik Konseling J Kaji Psikol Pendidik dan Bimbing Konseling. 2017;3(2):55–62.
6. Dharma AM. Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa Program Studi Dharma Acarya. J Pendidikan, Sains Sos dan Agama. 2020;6(1):64–78.
7. Svartdal F, Dahl TI, Gamst-Klaussen T, Koppenborg M, Klingsieck KB. How Study Environments Foster Academic Procrastination: Overview and Recommendations. Front Psychol. 2020;11(1):1–13.
8. Sirois FM. Procrastination and Stress: A Conceptual Review of Why Context Matters. Int J Environ Res Public Health. 2023;20(6):1–15.
9. Puspita BK, Kumalasari D. Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa. J Penelit Psikol. 2022;13(2):79–87.
10. Marsidi SR. Identification of Stress, Anxiety, and Depression Levels of Students in Preparation for the Exit Exam Competency Test. J Vocat Heal Stud. 2021;5(2):87–93.
11. Tannia LN, Monika M. Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Saat sistem Pembelajaran Jarak Jauh. EDUKATIF. 2022;4(4):5203–12.
12. Kountul YPD, Kolibu FK, Korompis GEC. Hubungan Jenis Kelamin Dan Pengaruh Teman Sebaya Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas J Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2018;7(5):1–7.
13. Mustikawati IF, Putri PM. Hubungan Antara Sikap Terhadap Beban Tugas Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Herb-Medicine J Terbit Berk Ilm Herbal, Kedokt dan Kesehat. 2018;1(2):122–8.
14. Liu Z, Liu R, Zhang Y, Zhang R, Liang L, Wang Y, et al. Association Between Perceived Stress And Depression Among Medical Students During The Outbreak Of Covid-19: The Mediating Role Of Insomnia. J Affect Disord. 2021;292(1):89–94.
15. Saman A. Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). J Psikol Pendidik Konseling J Kaji Psikol Pendidik dan Bimbing Konseling. 2017;3(2):55–62.
16. Nurjan S. Analisis Teoritik Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Muaddib Stud Kependidikan dan Keislam. 2020;1(1):61-83.
17. Anggunan A, Lestari SMP, Pangestu BA. Hubungan Self Directed Learning Readiness (SDLR) Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung. J Psikol Malahayati. 2020;2(1):76–82.
18. Svartdal F, Dahl TI, Gamst-Klaussen T, Koppenborg M, Klingsieck KB. How study environments Foster Academic procrastination: Overview and recommendations. Front Psychol. 2020;11(2):1–13.
19. Suhadianto S, Pratitis N. Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. J RAP (Riset Aktual Psikol Univ Negeri Padang) . 2020;11(1):1–13.
20. Cahyaratri MT, Saktini F, Asikin HG, Sumekar TA. The Relationship Of Academic Procrastination With Stress, Anxiety, And Depression During The Covid-19 Pandemic In Students Of The Medical Study Program, Faculty Of Medicine, Undip. J Kedokteran Diponegoro. 2022;11(3):149–53.
21. Puspita BK, Kumalasari D. Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa. J Penelitian Psikologi. 2022;13(1):79–87.
22. Ebrahim OS, Sayed HA, Rabei S, Hegazy N. Perceived Stress And Anxiety Among Medical Students At Helwan University: A Cross-sectional Study. J Public health Res. 2024;13(1):1–11.