Hubungan keinginan masuk Fakultas Kedokteran terhadap prestasi akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021
Main Article Content
Abstract
Pemilihan jurusan di perguruan tinggi merupakan keputusan yang sangat penting setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas. Proses ini sering kali dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, salah satunya ialah harapan orangtua. Hingga kini, studi yang ada umumnya hanya menyoroti faktor-faktor motivasi mahasiswa dalam mencapai prestasi akademik yang baik. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara prestasi akademik mahasiswa yang memilih jurusan kedokteran di FK Untar atas inisiatif sendiri dan mereka yang memilihnya karena dorongan atau tuntutan orangtua. Studi analitik potong lintang ini diikuti oleh 130 mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021 yang diambil secara total sampling. Data didapatkan melalui kuesioner dan jumlah kelulusan blok mahasiswa. Hasil studi didapatkan mayoritas responden memilih jurusan kedokteran berdasarkan keinginan sendiri (63,8%) dan 90% tidak pernah gagal blok. Analisis statistik menunjukkan bahwa dorongan orangtua untuk memilih jurusan FK Untar tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
1. Universitas Tarumanagara. Available from: https://untar.ac.id/page/378/?lang=en
2. Novita L, Latifah M. Startegi pengaturan diri dalam belajar sebagai mediator harapan orang tua dan motivasi intrinsik terhadap prestasi akademik. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 2014;7(3):143-53.
3. Listiowatty. Keterlibatan orang tua pada pemilihan jurusan perguruan tinggi siswa SMA. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 2021;2(8):1226-40.
4. Ernawati L, Rusmawati D. Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa SMK yang menggunakan kurikulum 2013. Jurnal Empati. 2015;4(4):26-31.
5. Brseli M, Ahmad R, Ifdil. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal Educatio. 2018;4(1):40-7.
6. Manurung MM, Rahmadi R. Identifikasi faktor-faktor pembentuk karakter mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. 2017;1(1):41.
7. Alviana AF, Setyowati RRN. Motivasi orang tua dalam penentuan pendidikan tinggi anak di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2023;7(1):19-32.
8. Puspandari HM, Rohayati S. Pengaruh citra merek Prodi Pendidikan Akuntansi UNESA, status sosial ekonomi orang tua, dan persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akutansi. 2017;5(3):1-7.
9. Laden M. Peran dukungan orang tua dengan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Katolik WR Soepratman Samarinda. Psikoborneo. 2014;2(2):120-6.