Gambaran asupan vitamin C pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara selama Covid-19

Main Article Content

Christopher Martinus Susanto
Olivia Charissa

Abstract

Imunitas tubuh yang baik dibutuhkan untuk mengurangi risiko tertularnya penyakit terutama pada saat terjadinya pandemic Covid-19. Tetapi, masih banyak dari para remaja yang belum mengetahui dan kurang peduli terakit hal tersebut. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan makan makanan bergizi. Salah satu mikronutrien yang berperan besar dalam menjaga imunitas tubuh adalah vitamin C atau asam askorbat. Asupan vitamin C yang cukup adalah lebih dari 80% dari AKG pada pria maupun wanita. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui gambaran asupan vitamin C pada mahasiswa Fakultas Kedokteran di Universitas Tarumanagara selama masa pandemi COVID-19. Studi ini menggunakan metode deskriptif potong lintang. Metode pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan pengisian Food Frequency Questionnaire (FFQ). Total jumlah responden pada studi ini sebanyak 130 orang yang diambil dengan menggunakan non-random total sampling. Berdasarkan data, sebanyak 81 (62,3%) responden tidak rutin mengonsumsi vitamin C. Pada masa sebelum pandemi Covid-19 yang memiliki asupan vitamin C yang cukup sebesar 65,4% (85 responden), dan meningkat menjadi 82,3% (107 responden) pada masa pandemi Covid-19. Mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara memahami bahwa diperlukannya konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup sebagai salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh selama pandemic Covid-19.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Olivia Charissa, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Gizi

References

Setiati S, Azwar MK. COVID-19 and Indonesia. Acta Med Indonesia-Indonesia Jornal Intern Med. 2020;52(1):84-9.

Makmun A, Rusli FIP. Pengaruh Vitamin C Terhadap Sistem Imun Tubuh Untuk Mencegah Dan Terapi COVID-19. Molucca Medica. 2020;12(2):60-4.

Feronika OA. Perbedaan Strategi Koping Pada Remaja Akhir Dan Dewasa Awal Saat Menghadapi Physical Distancing Masa Pandemi COVID-19 di JABODETABEK. [Skripsi]. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Jakarta. 2020.

Polak CL, Malonda NSH, Amisi MD. Gambaran Kecukupan Vitamin Larut Air Pada Mahasiswa Semester VI di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal KESMAS. 2021;10(2):26-34.

Rawung RJH, Malonda NSH, Sanggelorang Y. Gambaran Asupan Vitamin Larut Air Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Ksesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Pada Masa Pembatasan Sosial COVID-19. Jurnal KESMAS. 2021;10(1): 14-22.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 41 Tahun 2014. Pedoman Gizi Seimbang. 2014. Available from: https://peraturan.go.id/files/bn1110-2014.pdf