Hubungan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini pada tiga puskesmas di Jakarta Barat periode Oktober 2014 – Mei 2015

Main Article Content

Maria Carlina
Wiyarni Pambudi

Abstract

Untuk dapat melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) ibu perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang tahapan IMD dan manfaatnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan IMD di tiga Puskesmas di Jakarta Barat pada periode Oktober 2014-Mei 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik observasional dengan desain studi potong lintang. Sampel penelitian adalah 89 orang ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di tiga Puskesmas di Jakarta Barat pada periode Oktober 2014-Mei 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi ibu yang memiliki pengetahuan baik tentang IMD sebesar 13,5%, proporsi ibu yang melaksanakan IMD dengan benar sebesar 10,1%, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan pelaksanaan IMD, dimana p=0,341 (p>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan pelaksanaan IMD.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Wiyarni Pambudi, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Gedung J lantai 2 Jl. S. Parman no.1 Jakarta Barat 11440

Bagian Ilmu Kesehatan Anak FK Untar

References

Suradi R, Hegar B, Partiwi IGAN, Marzuki ANS, Ananta Y, editors. Indonesia menyusui. Badan Penerbit IDAI; 2010.

Direktorat Bina Gizi Masyarakat Depkes. Pesan-pesan tentang inisiasi menyusu dini (IMD) dan air susu ibu (ASI) eksklusif untuk tenaga kesehatan dan keluarga Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2008.

Hegar B, Suradi R, Hendarto A, Partiwi IGA, editors. Bedah ASI. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta; 2008.

Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan tentang pemberian air susu ibu eksklusif tahun 2012. No.33. (Mar. 01, 2012).

Notoatmodjo S. Konsep perilaku dan perilaku kesehatan. Dalam : Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012. hal.138-145

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2010.

Statistics Indonesia, National Population and Family Planning Board, Ministry of Health. Indonesia demographic and health survey 2012. Indonesia: Measure DHS,ICF International; 2013.

Juliastuti R. Hubungan tingkat pengetahuan, status pekerjaan ibu, dan pelaksanaan inisiasi menyusu dini dengan pemberian ASI eksklusif. Surkarta: Universitas Sebelas Maret; 2011. hal.65.

Ogbuanu CA, Probst J, Laditka SB, Liu J, Baek JD, Glover S. Reason why women do not initiate breastfeeding. In: Womens health issues. National Institutes of Health; 2009. p.14