Pengaruh hipoksia sistemik kronik terhadap kadar Malondialdehid (MDA) pada darah dan jaringan ginjal tikus Sprague Dawley

Main Article Content

Cinthia Catherine
Frans Ferdinal

Abstract

Hipoksia sistemik adalah keadaan yang disebabkan berkurangnya asupan oksigen secara sistemik dalam jangka waktu lama. Keadaan ini dapat menyebabkan stres oksidatif yang berakibat pada kerusakan sel dalam berbagai jaringan. Stres oksidatif dapat menyebabkan kerusakan oksidatif lipid yang dapat dideteksi dengan peningkatan kadar malondialdehid (MDA). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat peningkatan kadar MDA dalam darah dan ginjal tikus akibat hipoksia sistemik. Hewan coba dibagi menjadi 7 kelompok (n = 4 per kelompok) yaitu P1 (normoksia) dan P2 s/d P7 (hipoksia). Kelompok hipoksia ditempatkan didalam sungkup hipoksia selama 1 jam, 3 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam dan 72 jam. Setelah perlakuan terjadi peningkatan bermakna dari kadar MDA dalam darah dan ginjal secara bertahap sejalan dengan lamanya hipoksia. Dapat juga digunakan parameter stress oksidatif lain untuk melihat kerusakan sel seperti glutation, enzim katalase, dan lain-lain.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Frans Ferdinal, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Gedung J lantai 2 Jl. S. Parman no.1 Jakarta Barat 11440

Bagian Biokimia dan Biologi Molekular FK Untar

References

Ganong M.D. Penyesuaian Pernafasan Pada Orang Sehat dan Sakit. Dalam: Novrianti A et all, editor. Fisiologi Kedokteran. Edisi 10. Jakarta: EGC;2007. hal.586-97.

Ferdinal F. Model gagal jantung eksperimental pada tikus yang diinduksi hipoksia kronik dan perubahan ekspresi gen BNP-45 pada tingkat translasi. Ebers Papyrus. 2009;15(9):hal.9

Guyton. Pengangkutan Oksigen dan Karbondioksida di dalam Darah dan Cairan Tubuh. Dalam: Widjajakusumah D, Tanzil A, editor. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 7. Jakarta: EGC; 2008. hal.181-207.

Yustika A, Prasetyawan S. Kadar Malondialdehid (MDA) dan Gambaran Histologi pada Ginjal Tikus Putih (Rattus norvegicus) Pasca Induksi Cylosporine-A. Kimia Student Journal. 2013;1(2):hal.222-28.

Yunus, Moch. Pengaruh Antioksidan Vitamin C Terhadap MDA Eritrosit Tikus Wistar Akibat Latihan Anaerobik. Jurnal Pendidikan Jasmani. 2013(1):hal.9-16.

Federer, WT. Experimental Design: Theory and Application. New York, The Macmillan Co, 1995.

Wills ED. Evaluation of lipid peroxidation in lipids and biological membranes. In: Snell K, Mullock B, editors. Biochemical toxicology: A practical approach. Oxford: IRL;1987:127-52.