Gambaran tingkat pengetahuan penulisan resep yang benar pada mahasiswa Universitas Tarumanagara yang mengikuti ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination)

Main Article Content

Muhammad Agus Hermana Putra
Johan

Abstract

Resep merupakan suatu tulisan yang ditulis oleh dokter sebagai permintaan tertulis kepada apoteker guna menyediakan obat dan menyerahkan kepada pasien sesuai dengan aturan yang ada. Penulisan resep merupakan keterampilan yang harus dikuasai sejak proses pembelajaran sampai dengan lulus menyandang gelar dokter. Penulisan resep yang tidak tepat dapat mempengaruhi proses pengobatan pasien. Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penulisan resep oleh mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara yang mengikuti ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) lokal 2023. Studi deskriptif potong lintang ini dilakukan dari bulan Februari-Mei 2023. Data penelitian ini didapatkan dari kertas resep mahasiswa yang mengikuti OSCE lokal dengan jumlah sebanyak 134 sampel. Hasil studi ini menunjukkan mahasiswa yang menuliskan resep obat racik sebanyak 38 responden dengan 37 responden (97,36%) memiliki tingkat pengetahuan baik dan 1 responden (2,64%) dengan tingkat pengetahuan cukup. Kesalahan paling banyak pada bagian prescriptio (78,94%) dan paling sedikit pada bagian pro (2,63%). Mahasiswa yang meresepkan obat topikal sebanyak 23 responden dan seluruhnya memiliki tingkat pengetahuan baik. Kesalahan paling banyak pada bagian prescriptio (13,04%) dan kesalahan paling sedikit pada bagian subscriptio (4,34%). Mahasiswa yang menuliskan resep obat oral sebanyak 73 responden dimana 72 (98,63%) responden memiliki tingkat pengetahuan baik serta terdapat 1 responden (1,37%) dengan tingkat pengetahuan cukup. Kesalahan paling banyak pada bagian prescriptio (10,95%) dan kesalahan paling sedikit pada bagian subscriptio (1,37%). Secara keseluruhan, mahasiswa yang mengikuti ujian OSCE local periode Februari 2023 memeiliki pengetahuan peresepan yang baik dan kesalahan tersering pada bagian prescription.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Johan, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Farmakologi

References

Baker E, Burrage D, Lonsdale D, Hitchings A. At A Glance: Skenario peresepan obat pada berbagai kasus penyakit. Jakarta: Erlangga. 2019

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter. Jakarta: Kosil Kedokteran Indonesia. 2019.

World Health Organization. WHO Lauches Global Effort to Halve Medication-related Errors in 5 years. [Internet]. Geneva: World Health Organization. 2017. Available from: https://www.who.int/news/item/29-03-2017-who-launches-global-effort-to-halve-medication-related-errors-in-5-years#:~:text=WHO%20launched%20a%20global,yhe%20severe%20harm%20that%20results

Perwitasari DA, Abror J, Wahyuningsih I. Medication Errors In Outpatients Of A Government Hospital In Yogyakarta Indonesia. Int J Pharm Sci Rev Res. 2010;1(1):8–10.

Aseeri M, Banasser G, Baduhduh O, Baksh S, Ghalibi N. Evaluation of Medication Error Incident Reports at a Tertiary Care Hospital. Pharmacy. 2020;8(2):69.

Oktarlina RZ, Ariyanti PR. Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Penulisan Resep yang Baik dan Benar pada Mahasiswa Tahun Ke-empat Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kesehatan dan Agromedicine. 2019;6(1):72–7.

Syahirah WN. Perbandingan tingkat penguasaan peresepan antara mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara sistem KBK dan Non-KBK [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2010.

Hafidz MAF. Tingkat Pengetahuan Penulisan Resep Pada Mahasiswa Tahap Awal Tingkat Sarjana Program Studi Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan Tahun 2019. [Skripsi]. Bandar Lampung: Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. 2020

Wu V, Chan O, Simon R, Maxwell SR, Levine MA, Perri D, et al. Development and validation of the mcmaster prescribing competency assessment for medical trainees (Mac PCA). J Popul Ther Clin Pharmacol. 2015;22(2):173-8.

James H, Al khaja K, Tayem Y, Veeramuthu S, Sequeira R. Understanding preclerkship medical students poor performance in prescription writing. Sultan Qaboos University Medical Journal. 2016;16(2):203-9.