Uji kapasitas antioksidan dan kadar metabolit sekunder ekstrak angkak (Oryza sp)

Main Article Content

Stanley Santoso
Frans Ferdinal
Eny Yulianti

Abstract

 


Reactive Oxygen Species (ROS) memiliki peran penting dalam proses fisiologis kehidupan manusia, namun, pada konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan penyakit degeneratif. Ketidakseimbangan antara ROS dalam konsentrasi tinggi dengan antioksidan di dalam tubuh dapat menyebabkan stress oksidatif. Oleh karena itu, antioksidan memiliki peran penting dalam menghambat proses oksidasi yang terjadi di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Salah satu  sumber antioksidan dapat diperoleh dari angkak (Oryza.sp). Studi ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas antioksidan dan metabolit sekunder yang terdapat di angkak. Studi eksperimental ini menggunakan ekstrak angkak yang dihaluskan lalu diperkolasi dengan pelarut methanol dan dievaporasi hingga terbentuk pasta. Pada ekstrak tersebut dilakukan uji skrining fitokimia berdasarkan Harborne, kapasitas total antioksidan menggunakan metode ABTS, dan uji kadar fenolik total (Singleton dan Rossi). Pada uji skrining fitokimia, ekstrak angkak mengandung fenolik, flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, glikosida, terpenoid, kuinon, kardioglikosida, antosianin dan kumarin. Kapasitas total antioksidan ekstrak angkak ialah 25,557mg/mL. Hasil tersebut menunjukan bahwa ekstrak angkak memiliki kapasitas antioksidan yang sangat kuat dan kadar fenolik total 694,56 mg/mL. Kesimpulan studi ini, angkak memiliki potensi sebagai antioksidan.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Frans Ferdinal, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Biokimia dan Biologi Molekuler

References

Wanti S, Andriani MAM, Parnanto NHR. Pengaruh berbagai jenis beras terhadap aktivitas antioksidan pada angkak oleh Monascus purpureus. Biofarmasi. 2015;13(1):1-5.

Sies H. Oxidative stress: Concept and some practical aspects. Antioxidants. 2020;9(9):852.

Afriansyah N. Radikal bebas dikenal untuk dikendalikan. Sadar Pangan dan Gizi. 1996;5(1):6-7.

Marliau RJ. Uji Efek Dekokta Angkak (Beras Fermentasi Monascus Purpureus) Terhadap Kadar Trombosit Tikus Putih Jantan Galur Wistar Trombositopenia Yang Diinduksi Cisplatin. Jurnal Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan. 2014;1(1):[18p].

Techaoei S, Jarmkom K, Dumrongphuttidacha T, Khobjai W. Improvement of organic red pigment prodcution by monascus purpureus tistr3651 using pathumthani-1 rice-based medium in submerged and solid-state fermentation. International Journal of Applied Pharmaceutics. 2021:13(1):47-50.

Irnawati I. Penetapan kadar vitamin C DAN UJI aktifitas antioksidan sari buah songi (Dillenia serrata Thunb.) terhadap radikal DPPH (Diphenylpicrylhydrazyl). Pharmacon. 2017 May 1;6(2):40-4.