Pengaruh status gizi terhadap kualitas tidur pada mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Adjra Safira Hidayat
Olivia Charissa

Abstract

Status gizi seseorang dipengaruhi oleh beberapa aspek keturunan, pola hidup, serta lingkungan sekitar. Kualitas tidur merupakan salah satu faktor yang disebabkan oleh pola hidup seseorang. Berdasarkan penelitian di Yogyakarta menemukan bahwa kualitas tidur yang buruk sebanyak 54%. Hal tersebut terjadi pada fase remaja berusia 12 hingga 24 tahun. Obesitas merupakan salah satu masalah status gizi yang berdampak pada kualitas tidur seseorang yaitu sleep apnea. Berdasarkan permasalah tersebut perlu adanya penelitian mengenai hubungan status gizi dengan kualitas tidur sesorang. Dalam penelitian ini diusulkan bagaimana sebaran distribusi status gizi dan kualitas tidur serta bagaimana hubungan antara status gizi dan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Penelitian ini disusun dengan metode analitik observasional dengan desain studi cross sectional tersistematis. Data yang digunakan yaitu status gizi, tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin, serta kualitas tidur. Hasil studi didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi kurang dengan kualitas tidur dengan p-value 0,403 dan tidak ada hubungan yang bermakna antara status gizi lebih dengan kualitas tidur dengan p-value 0,316. Kesimpulan studi ini adalah tidak terdapat hubungan bermakna antara status gizi dengan kualitas tidur mahasiswa kedokteran Universitas Tarumanagara.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Olivia Charissa, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Gizi Klinik 

References

Sitoayu L, Rahayu P. Hubungan Asupan Vitamin (B6, B12, Asam Folat), Olahraga Dan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul Tahun 2016. Media Gizi Mikro Indonesia. 2019;11(1):73-82.

Rachmadianti D, Puspita ID. Hubungan Asupan Protein, Serat Dan Durasi Tidur Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa S-1 Ilmu Gizi. Jurnal Riset Gizi. 2020;8(2):85-9.

Husna DS, Puspita ID. Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Durasi Tidur Dan Status Gizi Mahasiswa S-1 Ilmu Gizi. Jurnal Riset Gizi. 2020;8(2):76-84.

Nabawiyah H, Khusniyati ZA, Damayanti AY, Naufalina MD. Hubungan pola makan, aktivitas fisik, kualitas tidur dengan status gizi santriwati Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Darussalam Nutrition Journal. 2021;5(1):80-91.

Sitepu MB, Sareharto TP. Hubungan Gangguan Tidur Dengan Status Gizi Pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (Gpph). Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro). 2016;5(4):1251-60.

Priya I, Singh J, Kumari S. Study of the factors associated with poor sleep among medical students. Indian Journal of Basic and applied Medical Researh. 2017;6(3): 422-9.

Sulistiyani C. Several factors related to quality of sleep on the students of the Faculty of Public Health University of Diponegoro in Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;1(2):280-92.

Haryati, Yunaningsi SP. Faktor yang memengaruhi kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo. Jurnal Medika Hutama. 2020; 1(3):145-55.

Jenkins SM. Sleep habits and patterns of college students and their relationship to selected personality characteristics. [Dissertation]. Ruston: Louisiana Tech University. 2005.

Krenek RL. The impact of sleep quality and duration on college student adjustment and health. [Dissertation]. Ruston: Lousiana Tech University. 2006.

Sinaga YY, Bebasari E, Ernalia Y. Hubungan kualitas tidur dengan obesitas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014. Jom FK. 2015;2(2):1-8.

Hasiana RD. Hubungan pola tidur dengan indeks massa tubuh pada mahasuswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2010-2012. [Skripsi]. Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. 2013.

Ningsih DS, Permatasari RI. Faktor-faktor yang memengaruhi kualitas tidur pada remaja di SMKN 7 Pekanbaru. Ensiklopedia. 2020;2(2):262-7.