Pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi akademik siswa kelas 4-6 SDN 03 Tambora

Main Article Content

Rudi
Herwanto

Abstract

ABSTRAK


 


Internet tidak hanya menyediakan sarana belajar tetapi juga hiburan, salah satunya adalah game online. Dampak negatif dapat ditimbulkan oleh game online tidak disikapi dengan baik, salah satunya ialah memengaruhi prestasi akademik. Tujuan studi ini ialah mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap prestasi akademik pelajar sekolah dasar.  Studi ini bersifat analitik cross sectional dan dilakukan terhadap 136 pelajar SDN 03 Tambora, Jakarta Barat. Pengambilan subyek studi menggunakan teknik consecutive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner dan nilai rerata rapor. Data diolah dan dianalisis menggunakan uji pearson chi-square. Hasil studi didapatkan 89 (65,4%) responden memiliki intensitas bermain tingkat rendah-sedang dan 80 (58,8%) responden memiliki tingkat prestasi cukup. Sebanyak 48 (60%) responden dengan tingkat prestasi akademik yang cukup memiliki intensitas bermain game online kategori rendah-sedang dan 32 (40%) responden memiliki intensitas bermain tinggi-sangat tinggi. Mayoritas responden dengan tingkat prestasi akademik baik (41 responden; 73,2%) memiliki intensitas bermain rendah-sedang. Hasil uji statistik tidak ada hubungan yang bermakna antara intensitas bermain game online dengan tingkat prestasi akademik (nilai p =0,11). Namun, siswa yang memiliki intensitas bermain game online tinggi-sangat tinggi memiliki risiko 1,82 kali terjadi penurunan dalam prestasi akademik.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Herwanto, FK Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Anak

References

Permana EA. Hubungan kecanduan bermain game online terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 4 Salatiga. [Skripsi] Salatiga: Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana; 2014.

Mulyasa E. Kurikulum berbasis kompetensi konsep, karakteristik, implementasi, dan evaluasi. Bandung: Remaja Rasdakarya; 2002:94-112.

Sudjana N, Rivai A. Teknologi pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo; 2007. p.76-84.

Dewandari S. Hubungan antara intensitas bermain game online dengan motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo. [Skripsi] Salatiga: Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana; 2013.

Suryabrata S. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada; 2005. p.216.

Fernando GR. Hubungan antara bermain game online dengan perilaku sosial dan prestasi belajar. [Skripsi] Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung; 2018.

Nuhan MYG. Hubungan intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jarakan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2016;5(6): 494-501.

Shafura IL, Tahlil T. Kecanduan game online hubungannya dengan prestasi akademik remaja di Banda Aceh. JIM FKep. 2017;2(3):1-9.

Pakpahan R. Game online dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik anak di Kelurahan Helvetia Kota Medan. [Skripsi] Medan: Departemen Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; 2018.

Halawa A. Hubungan bermain game online dengan prestasi belajar siswa kelas 4 di MI Darussalam Jambangan Surabaya. Jurnal Keperawatan. 2018;7(1):[9p.].

Marlina NP, Minarti NMA, Utami KC. Hubungan bermain game online dengan prestasi belajar matematika anak usia sekolah kelas V di Sekolah Dasar Saraswati I Denpasar Tahun 2014. Coping. 2014;2(3):[7p.].

Manggena TF, Putra KP, Sanubari PTE. Pengaruh intensitas bermain game terhadap tingkat kognitif (kecerdasan logika matematika) usia 8-9 tahun. Satya Widya; 2017;33(2):146-53.