Hubungan gaya belajar Honey & Mumford dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Cindy Marcellina
Enny Irawaty

Abstract

Gaya belajar merupakan metode yang digunakan individu dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Mahasiswa dengan gaya belajar yang tepat akan lebih mudah menyerap informasi dengan cepat. Mereka juga lebih mampu berkonsentrasi dalam proses belajar sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan baik dan akhirnya diperoleh hasil belajar yang maksimal. Studi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Studi ini bersifat analitik observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan sampel pada studi ini dilakukan dengan teknik total sampling. Studi dilakukan pada bulan April 2019 pada 145 mahasiswa FK UNTAR dengan mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan kuesioner gaya belajar Honey & Mumford. Dari 145 responden didapatkan gaya belajar yang dominan adalah reflector (98 orang; 67,6%), di ikuti dengan pragmatist (23 orang; 15,9%), activist (14 orang; 9,6%), theorist (10 orang; 6,9%). Rerata nilai IPK didapatkan sebesar 3,21. Hasil belajar pada berbagai gaya belajar didapatkan rerata nilai IPK yang hampir sama dan pada uji statistik one way ANOVA menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dan hasil belajar dengan nilai p = 0.651

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Enny Irawaty, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Fisiologi

References

Sumanto. Psikologi umum: untuk mahasiswa, dosen, & masyarakat umum. Yogyakarta: PT. Buku Seru; 2014. p.81-82.

Djamarah SB. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2002.

Prashning B. The power of learning styles: Memacu anak melejitkan prestasi dengan mengenali gaya belajarnya. Bandung: Kaifa; 2007.

Azrai EP, Ernawati, Sulistianingrum EG. Pengaruh gaya belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: JPB. 2017; 10(1):9-16.

Honey P, Mumford A. learning styles questionnaire, 80-item. Maidenhead, UK: 2006. [cited 2018 September 4]. Available from: www.peterhoney.com

Shukr I, Zainab Z, Rana MH. Learning style of post-graduate and undergraduate medical students. Journal of the College of Physicians Surgeons Pakistan; 2013; 23(1): 25-30.

Guraya SS, Guraya SY, Habib FA, Khoshhal KI. Learning styles of medical students at Taibah University: Trends and implications. J Res Med Sci. 2014;19(12):1155-62.

Bhalli MA, Khan IA, Sattar A. Learning style of medical students and its correlation with preferred teaching methodologies and academic achievement. J Ayub Med Coll Abbottabad. 2015;27(4):837-42.

Tanta. Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah biologi umum program studi pendidikan biologi Universitas Cendrawasih. Jurnal Kependidikan Dasar. 2010;1(1):7-21.

Septyadi FS. Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. [Skripsi]. Jakarta: Universitas Tarumanagara; 2017.

Rasool GH, Rawaf S. The influence of learning styles preference of undergraduate nursing students on educational outcomes in substance use education. Nurse Education in Practice. 2008;8(5):306–14.

Wilkinson T, Boohan M, Stevenson M. Does learning style influence academic performance in different forms of assessment? J Anat. 2014;224:304–8.

Hamza M, Inam-Ul-Haq, Hamid S, Nadir M, Mehmood N. Effect of moderate learning style–teaching mode mismatch on academic performance among 2nd year medical students in Pakistan. Indian J Psychiatry. 2018;60(1):109-13.

Mattick K, Dennis I, Bligh J. Approaches to learning and studying in medical students: validation of a revised inventory and its relation to student characteristics and performance. Med Educ. 2004;38(5): 535-43.

Fang, Legaspi C, Perez R, Remigio A, Sengsourya J. Factors affecting GPA [Internet]. (cited 2018 Jun 9) Available from: http://public.csusm.edu/fangfang/Teaching/BUS304/TeamPresentationSpr08/Report_Group3.pdf