Analisis kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSI PKU Muhammadiyah Tegal

Main Article Content

Moh Niko Fajrul Yakin
Zita Atmardina

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah segala upaya yang dilakukan untuk memelihara, meningkatkan pencegahan dan penyembuhan penyakit serta memulihkan kesehatan individu, keluarga, kelompok atau masyarakat. Salah satu indikator yang harus diperhatikan untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang baik adalah kepuasan pasien. Studi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pada pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan kesehatan di instalasi Rawat Inap RSI PKU Muhammadiyah Tegal. Studi analitik ini menggunakan pendekatan potong lintang dengan teknik pengambilan 70 sampel studi menggunakan consecutive sampling. Data yang digunakan berupa data primer dengan melakukan pengisian kuesioner mengenai kepuasan responden terhadap pelayanan kesehatan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat uji fisher exact. Pada studi ini didapatkan rata-rata tingkat kepuasan pada dimensitangibles” adalah 90,55% pada pasien BPJS yang artinya puas dan 79,19% pada pasien non BPJS yang artinya tidak puas; rata-rata tingkat kepuasan pada dimensi“empathy” adalah 90,65% pada pasien BPJS yang artinya puas dan 75,23% pada pasien non BPJS yang artinya tidak puas; pada dimensireliability” adalah 92,17%  pada pasien BPJS yang artinya puas dan 76,25% pada pasien non BPJS yang artinya tidak puas; pada dimensi“responsiveness” adalah 91,76% pada pasien BPJS yang artinya puas dan 75,69% pada pasien non BPJS yang artinya tidak puas; pada dimensi“assurance” adalah 95% pada pasien BPJS dan 80,81% pada pasien non BPJS yang artinya puas. Berdasarkan analisis data dengan uji fisher exact didapatkan nilai p=0,0001 (p<0,05) yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara jaminan kesehatan dengan kepuasan pelayanan kesehatan.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Zita Atmardina, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Undang UndangQRepublik Indonesia nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan [Intenet]. Available from: http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/2016/10/Undang-Undang-Republik-Indonesia-Nomor-36-Tahun-2009-Tentang-Kesehatan.pdf

World Health Organization. Health and Development [Internet].qAvailable from: https://www.who.int/hdp/en/

Ramadhani AP. Gambaran Penanganan keluhan pasien di bagian front office Rumah Sakit “Bunga” periode Januari-April 2009 [skripsi]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2009.

Yuniarti S. Hubungan antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di ruang perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak tahun 2015. Proners. 2015;3(1):[6p.]

Handayani S. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Wonogiri. Profesi (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian. 216;14(1):42-8.

Vianti NR. Analisis kepuasan pasien BPJS terhadap Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Bangsal Dahlia RSUD Ungaran [skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang; 2016.

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jaminan Kesehatan Nasional [Internet]. Kemenkes RI. 2016. Available from: https://promkes.kemkes.go.id/?p=5799

Vasilefa F. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Inap Kelas 3 RS Muhammadiyah Palembang [skripsi]. Palembang: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang; 2015.

Sugiarto, Sucipto E, Pamungkas RC. Hubungan Pelayanan Keperawatan terhadap Tingkat Kepuasan di Ruang Marwah RSI PKU Muhammadiyah Tegal tahun 2010. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan PPNI Jawa Tengah; 2011. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/311

Bitjoli VO, Pinontoan O, Buanansari A. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Terhadap Pelayanan Pendaftaran Di RSUD Tobelo. e-Journal Keperawatan. 2019;7(1): 1-8.

Darwati L. Analisis Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan non BPJS di Ruang Bersalin RSUD Soegiri Lamongan Jawa Timur. Journal for Quality in Women's Health. 2018;1(2):28-34.

Anggriani SW. Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan Dan Non BPJS Kesehatan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2016;5(2):79-84.