Eksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik

Main Article Content

Angelica Novianti
Yoanita Widjaja

Abstract

Motivasi adalah suatu dorongan yang terjadi pada diri seseorang, baik secara sadar maupun tidak untuk melakukan suatu aktivitas dengan tujuan tertentu. Motivasi dibutuhkan untuk meningkatkan semangat belajar sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Tujuan studi ini untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi dalam motivasi belajar mahasiswa pada pendidikan kedokteran tahap akademik di Universitas Tarumanagara. Studi ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan Focus Group Discussion (FGD) terhadap mahasiswa dan wawancara terhadap staf pengajar. Hasil FGD dan wawancara ditranskripsikan dan dianalisis. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Dari hasil studi diperoleh bahwa faktor yang dapat meningkatkan motivasi yaitu cita-cita, menjaga harga diri, rasa tanggung jawab, cara pandang terhadap orangtua, dan gambaran profesi dokter. Faktor yang dapat menurunkan motivasi yaitu kelelahan, homesick, keinginan untuk bersosialisasi melalui gadget. Faktor yang dapat meningkatkan atau menurunkan motivasi yaitu kondisi sarana prasarana, hasil ujian, strategi pembelajaran, cara mengajar staf pengajar, sumber bacaan, teman, dan tingkat kesulitan materi. Kesimpulan studi ini, motivasi berperan sebagai pendorong untuk belajar.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Yoanita Widjaja, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Medical Education Unit

References

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, editor. Kamus besar bahasa Indonesia. Ed. 1, cet. 2. Jakarta: Balai Pustaka; 1989. p.1090.

Wahab R. Psikologi Belajar. 1st ed. Jakarta: Rajawali Pers; 2016.

Lisiswanti R, Sanusi R, Prihatiningsih TS. Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 2015;4(1):1-6.

Pramesti MW. Motivasi: Pengertian, Proses dan Arti Penting dalam Organisasi. Gema Eksos. 2009;5(1):817–36.

Kusurkar RA, Croiset G, Galindo-Garré F, Ten Cate O. Motivational profiles of medical students: Association with study effort, academic performance and exhaustion. BMC Med Educ. 2013;13(1):[8p.].

Khodijah N. Psikologi Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Rajawali Pers; 2016.

Juniar R. The Role of Motivation in Learning English for Indonesian Stundents. International Journal of Management and Applied Science. 2016;2(8):65-8.

Lee JQ, McInerney DM, Liem GAD, Ortiga Y. The relationship between future goals and achievement goal orientations: An intrinsic–extrinsic motivation perspective. Contemporary Educational Psychology. 2010;35(4):264–79.

Grant AM. Does Intrinsic Motivation Fuel the Prosocial Fire? Motivational Synergy in Predicting Persistence, Performance, and Productivity. J Appl Psychol. 2008;93(1):48–58.

Hoffstede Insight. Country Comparison What about Indonesia? [Internet]. 2017. Available from: https://www.hofstede-insights.com/country-comparison/indonesia

Susetyarini R, Permana T, Gunarta G, Setyawan D, Latifa R, Zaenab S. Motivasi dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran berbasis proyek, sebuah penelitian tindakan kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2019;5(1):1-9.

Dewi SP, Arya IF, Achadiyani, Achmad TH. Gambaran Motivasi Menjadi Dokter pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Jurnal Sistem Kesehatan. 2015;1(1):24–9.

Mustomi D. Persepsi Tentang Karakteristik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Widya Cipta Jurnal Sekretari dan Manajemen. 2018;2(1):62–8.

Akomolafe CO, Adesua VO. The Impact of Physical Facilities on Students’ Level of Motivation and Academic Performance in Senior Secondary Schools in SouthWest Nigeria. Journal of Education and Practice [Internet]. 2016;7:38-42.

Riswanto A, Aryani S. Learning motivation and student achievement: description analysis and relationships both. The International Journal of Counseling and Education. 2017;2(1):42-7.

Aisyah, Jaenudin R, Koryati D. Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit. 2017;4(1):1-11.

Sariningsih NKY, Nurhidayati S, Samsuri T. Pengaruh Strategi Pembelajaran Prediction Guide Berbantuan Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif. Prisma Sains. 2018;6(1):27-37.

Sari Ramadhani H. Efektivitas metode pembelajaran SCL (student centered learning) dan TCL (teacher centered learning) pada motivasi instrinsik & ekstrinsik mahasiswa psikologi Untag Surabaya angkatan tahun 2014 –2015. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. 2017;6:66–74.

Siswati. Minat membaca pada mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I). Jurnal Psikologi Undip. 2010;8:124–33.

Barry CM, Wentzel KR. Friend influence on prosocial behavior: The role of motivational factors and friendship characteristics. Developmental Psychology. 2006;42(1):153–63.

Zhuomin S. Language Teaching Materials and Learner Motivation. Journal of Language Teaching and Research. 2010;1(6):889-92.

Sakdiah K, Silalahi CAP. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Dalam Kesulitan Belajar Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi. 2017;1(1):57-61.

Meilantifa. Pengaruh Kelelahan Emosional Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Inovasi. 2018;20(1):26-30.

Scharp KM, Paxman CG, Thomas LJ. “I Want to Go Home.” Environment and Behavior. 2016;48(9): 1175–97.

Muhasim. Pengaruh Tehnologi Digital, Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2017;5(2):53–77.

Rachmawati P, Rede A, Jamhari M. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2013 FKIP UNTAD Pada mata kuliah Desain Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 2017;5(1):35–40.

Susetyarini RE, Permana TI, Gunarta, Setyawan D, Latifa R, Zaenab S. Motivasi dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran berbasis proyek, sebuah penelitian tindakan kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2019;5(1), 1-9.