Hubungan durasi penggunaan gawai dengan gangguan tidur di PAUD Harapan Ibu Kecamatan Duren Sawit tahun 2020

Main Article Content

Margaretha Pramesthi Utari
Fransiska Farah

Abstract

Gawai digunakan oleh berbagai kalangan usia termasuk usia prasekolah. Paparan cahaya biru dari layar gawai dapati menjadi salah satu faktor terjadinyai gangguan tidur. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara durasi penggunaan gawai dengan gangguan tidur pada anak usia prasekolah di PAUD Harapan Ibu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Studi ini merupakan studi analitik dengan menggunakan desain potong lintang dan dilakukan selama bulan Januari 2020. Subyek studi diambil dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Data gangguan tidur didapatkan melalui kuisioner sleep disturbance scale for children (SDSC) yang diisii oleh orang tua/wali di rumah masing-masing. Setelah mendapatkan data, data diolah dan dianalisis dengan ujii korelasi Pearson. Hasil studi didapatkan dari 41 responden, sebanyak 21 responden (51,2%) mengalami gangguan tidur dengan selisih rerata durasi penggunaan gawai yang mengalami gangguan tidur dan tidakI mengalami gangguan tidur adalah 12 menit. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,027 dan r = 0,345 yang menunjukkan adanya korelasi cukup antara durasi penggunaan gawai dengan gangguan memulai dan mempertahankan tidur yang berarti semakin tinggi durasi penggunaan gawai, semakin tinggi pula total skor pada gangguan memulai dan mempertahankan tidur.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Fransiska Farah, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Anak

References

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Sekjen Kominfo: Perkembangan TIK, berikan manfaat besar bagi bidang kehidupan [Internet]. 2014. Available from: https://www.kominfo.go.id/content/detail/3960/sekjen-kominfo-perkembangan-tik-berikan-manfaat-besar-bagi-bidang-kehidupan/0/berita_satker

The Asian Parent Insight. Mobile device usage among young kids [Internet]. 2014. Available from: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/tap-sg-media/theAsianparent+Insights+Device+Usage+A+Southeast+Asia+Study+November+2014.pdf

Effendy OU. Ilmu komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2007.

Dewi RC, Oktiawati A, Saputri LD. Teori dan konsep tumbuh kembang : bayi, toddler, anak dan usia remaja. Yogyakarta: Nuha Medika; 2015.

American Academy of Pediatrics. American academy of pediatrics announces new recommendations for children’s media use [Internet]. 2016. Available from: https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/Pages/American-Academy-of-Pediatrics-Announces-New-Recommendations-for-Childrens-Media-Use.aspx

Tosini G, Ferguson I, Tsubota K. Effects of blue light on the circadian system and eye physiology. Molecular Vision. 2016;22:61-72.

Mindell JA, Williamson AA. Benefits of a bedtime routine in young children: Sleep, development, and beyond. Sleep Medicine Reviews. 2018;40:93–108.

Zhao ZC, Zhou Y, Tan G, Li J. Research progress about the effect and prevention of blue light on eyes. Int J Ophthalmol. 2018;11(12):1999-2003.

Trihono PP, Djer MM, Sjakti HA, Hendrarto TW, Prawitasari T. Best practices in pediatrics. Jakarta:IDAI cabang DKI Jakarta. 2013. Available from: https://fk.ui.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/Buku-PKB-IDAI-Jaya-X.pdf

Lukmasari A, Hartanto F, Bahtera T, Muryawan MH. Hubungan antara gangguan tidur dengan gangguan mental emosional anak usia 4-6 tahun di Semarang. Sari Pediatri. 2017;18(5):345-9.

Mindell JA, Owens JA. A clinical guide to pediatric sleep: diagnosis and management of sleep problems. 3rd ed. Philadelphia, PA: Lippincott Williams&Wilkins. 2015

Natalita C, Sekartini R, Poesponegoro H. Skala gangguan tidur untuk anak (SDSC) sebagai instrumen skrining gangguan tidur pada anak sekolah lanjutan tingkat pertama. Sari Pediatri. 2011;12(6):365-72.

KOMINFO. Booklet survey penggunaan TIK 2017 [Internet]. 2017. Available from: https://balitbangsdm.kominfo.go.id/publikasi_360_3_187

Sowmya ASL, Manjuvani E. Usage of electronic gadgets among preschool children.International Journal of Home Science. 2019;5(2):01-05.

Tamana SK, Ezeugwu V, Chikuma J, Lefebvre DL, Azad MB, Moraes TJ, et al. Screen-time is associated with inattention problems in preschoolers: results from the CHILD birth cohort study. Cerniglia L, editor. PLoS ONE. 2019;14(4):e0213995.

Shah RR, Fahey NM, Soni AV, Phatak AG, Nimbalkar SM. Screen time usage among preschoolers aged 2-6 in rural Western India: A cross-sectional study. J Family Med Prim Care. 2019;8(6):1999-2002.

Bruni O, Ottaviano S, Guidetti V, Romoli M, Innocenzi M, Cortesi F, et al. The sleep disturbance scale for children (SDSC) construction and validation of an instrument to evaluate sleep disturbances in childhood and adolescence. J Sleep Res. 1996;5(4):251–61.

Hale L, Kirschen GW, LeBourgeois MK, Gradisar M, Garrison MM, Montgomery-Downs H, et al. Youth screen media habits and sleep. Child Adolesc Psychiatr Clin N Am. 2018;27(2):229-45.

Tharakan RM, Shenoy KV. A study on sleep patterns and sleep problems in children aged 6 to 15 years as perceived by their parents. Int J Contemp Pediatr. 2019;6(2):611-4.

Biggs SN, Walter LM, Jackman AR, Nisbet LC, Weichard AJ, Hollis SL, et al. Long-term cognitive and behavioral outcomes following Resolution of Sleep Disordered Breathing in Preschool Children. PLoS ONE. 2015;10(9):e0139142.

Van Horn N.L, Street M. Night Terrors. StatPearl. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK493222/

Oyegbile TO. Pediatric Sleep Disorders. In: Complex Disorders in Pediatric Psychiatry. Elsevier; 2018. p. 117–28

Slater G, Steier J. Excessive daytime sleepiness in sleep disorders. Journal of Thoracic Disease. 2012. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3506799/

Mold JW, Holtzclaw BJ, McCarthy L. Night sweats: A systematic review of the literature. J Am Board Fam Med. 2012;26(6):878-93.

Amalina S, Sitaresmi MN, Gamayanti IL. Hubungan penggunaan media elektronik dan gangguan tidur. Sari Pediatri. 2016;17(4): 273-278