Hubungan kecanduan internet dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik

Main Article Content

Tamara Muliani
Yoanita Widjaja

Abstract

Kecanduan internet adalah penggunaan internet secara berlebihan yang tidak dapat dikendalikan. Kecanduan internet merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara kecanduan internet dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada tahap akademik. Studi ini menggunakan studi analitik metode potong lintang yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Subyek studi berjumlah 242 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan komposisi 179 perempuan dan 63 laki-laki yang berada dalam tahap akademik dengan berbagai rentang usia. Data diperoleh menggunakan kuesioner YIAT (Young Internet Addiction Test) yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Sebanyak 194 mahasiswa (80,2%) mengalami kecanduan internet dan sebanyak 202 mahasiswa (83,5%) mendapatkan prestasi akademik yang baik. Pada studi ini didapatkan bahwa sebanyak 99 mahasiswa (51%) lebih sering membuka konten non ilmiah seperti, jejaring sosial, hiburan maupun game online. Pada studi ini juga ditemukan bahwa perempuan lebih banyak yang mengalami kecanduan internet, yaitu sebanyak 140 orang (72,2%). Kelompok usia terbanyak yang mengalami kecanduan adalah mahasiswa yang berusia 19 tahun, yaitu sebanyak 66 orang (34%). Hasil studi ini didapatkan nilai p=1 (p>0,05) yang berarti kecanduan internet tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Hal ini dapat berhubungan dengan konten apa yang dibuka selama bermain internet.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Yoanita Widjaja, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Medical Education Unit

References

Christyanti D, Mustami’ah D, Sulistiani W. Hubungan antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik dengan Kecenderungan Sters Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal INSAN. 2010;12(3):154.

Santya KR. Studi Deskriptif Manajemen Waktu Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. 2016.

Rusyadi SH. Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012.

The London School of Economics and Political Science. Social Media Platforms and Demographics. The London School of Economics and Political Science. 2017. Available from: https://info.lse.ac.uk/staff/divisions/communications-division/digital-communications-team/assets/documents/guides/A-Guide-To-Social-Media-Platforms-and-Demographics.pdf

Rif’an M. (Ed). Survei APJII yang Ditunggu-tunggu, Penetrasi Internet Indonesia 2018. Buletin APJII. Edisi 40. 2019. hlm. 1 Available from: https://apjii.or.id/content/read/104/418/Buletin-APJII-Edisi-40---Mei-2019

Biro Humas Kementrian Kominfo. Angka Penggunaan Media Sosial Orang Indonesia Tinggi, Potensi Konflik juga Amat Besar. 2018. Available from: https://kominfo.go.id/content/detail/14136/angka-penggunaan-media-sosial-orang-indonesia-tinggi-potensi-konflik-juga-amat-besar/0/sorotan_media

Biro Humas Kementrian Kominfo. Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. 2018. Available from: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/12640/siaran-pers-no-53hmkominfo022018-tentang-jumlah-pengguna-internet-2017-meningkat-kominfo-terus-lakukan-percepatan-pembangunan-broadband/0/siaran_pers

Turel O, Brevers D, Bechara A. Time Distortion When Users At-Risk For Media sosial Addiction Engage In Non-Social-Media Tasks. J Psychiatr Res. 2018;97:84-88.

Al-Menayes J. Media sosial Use, Engagement and Addiction as Predictors of Academic Performance. International Journal of Psychological Studies. 2015;7(4):86-94.

Halboub E, Othathi F, Madkhali S, Somaili D, Alahmar N. Effect of social networking on academic achievement of dental students, Jazan University, Saudi Arabia. Eastern Mediterranean Health Journal. 2016;22(12): 865-71.

Erizka R, Nadjmir, Usman E. Hubungan Kejadian Internet Addiction dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa FK Unand. Jurnal Kesehatan Andalas. 2016;5(3):625-9.

Karina T, Novianty A. Hubungan Kecanduan Internet dengan Prestasi Belajar Siswa-Siswi SMP X. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi. 2018;4(2):61-8.

Akhter N. Relationship between Internet Addiction and Academic Performance among University Undergraduates. Acad J. 2013;8(19):1794-6.

Haque M, Rahman NAA, Majumder MAA, Haque SZ, Kamal ZM, Islam Z, et al. Internet Use and Addiction Among Medical Students od Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia. Psychol Res Behav Manag. 2016; 9:297-307.

Utami TW, Nurhayati F. Kecanduan Internet Berhubungan dengan Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa. 2019;7(1): 33-8.

Armia C. Pengaruh Budaya Terhadap Efektivitas Organisasi: Dimensi Budaya Hofstede. Jurnal Akutansi dan Auditing Indonesia. 2002;6(1):103-17.

Yen CF, Ko CH, Yen JY, Chang YP, Cheng CP. Multi-dimensional Discriminative Factors for Internet Addiction among Adolescents Regarding Gender and Age. Psychiatry Clin Neurosci. 2009;63(3):357-64.

Basri ASH. Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Ditinjau dari Religionitas. Jurnal Dakwah. 2014;15(2): 407-32.

Rochmawati W. Perilaku Pemanfaatan Internet (Internet Utilization of Behavior) (Studi Deskriptif tentang Pemanfaatan Internet untuk Kepentingan Hiburan dan Akademik di Kalangan Anak-anak di Kota Surabaya). Surabaya; 2012. Available from: http://journal.unair.ac.id/LN@perilaku-pemanfaatan-internet-(internet-utilization-of-behavior)-(studi-deskriptif-tentang-pemanfaatan-internet-untuk-kepentingan-hiburan-dan-akademik-di-kalangan-anak-anak-article-4404-media-136-category-8.html

Ko CH, Wang PW, Liu TL, Yen CF, Chen CS, Yen JY. Bidirectional Associations Between Family Factors and Internet Addiction Among Adolecents in a Prospective Investigation. Psychiatry Clin Neurosci. 2014;69(4):192-200.

Dufour M, Brunelle N, Tremblay J, Leclerc D, Cousineau MM, Khazaal Y, et al. Gender difference in internet use and internet problems among Quebec High School Student. Can J Psychiatry.2016;61(10):663-8.

Ratnasari T. Pengaruh Gender Terhadap Jenis Kecanduan Internet Implikasinya Bagi Bimbingan dan Konseling pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pekalongan [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2017.

Suprapto MH, Nurcahyo FA. Perbedaan Kecanduan Inernet Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Gema Aktualita. 2017;6(2):43-7.

Hildayani R, Sugianto M, Tarigan R, Handayani E, Pudjiati R, Kouri AM. Psikologi Perkembangan Anak. Edisi 1. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka; 2014.

Sari AP, Ilyas A, Ifdil. Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 2018; 3 (2):110-7.

Jahja Y. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group; 2011.

Komleh RM, Hosseini AF, Fata L, Mirhosseini F, Bigdeli S. Investigating the Relationship Between Internet Addiction and Academic Achievement of Medical Student. Iranian Journal of Health, Safety & Evironment. 2013;3(2):528-34.

Khan MA, Alvi AA, Shabbir F, Rajput TA. Effect of Internet Addiction on Academic Performance of Medical Student. J Islam Int Med Coll. 2016;11(2):48-51.

Riyani Y. Faktor-faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Eksos. 2012;8(1):19-25.

Ramadan DN. Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi. Jambi: Universitas Jambi; 2018.

Mutia I, Irfansyah P, Adnyani LPW. Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN). 2016;2(2):136-41.