Hubungan status kognitif dengan tingkat kualitas hidup lansia di Panti Sosial Tresna Wreda Kota Bengkulu

Main Article Content

Pussof Yayazucah Titanic
Marcella Erwina Rumawas

Abstract

Kualitas hidup merupakan persepsi individu tentang posisi mereka dalam kehidupan dalam konteks budaya dan sistem nilai, di mana mereka hidup dan dalam kaitannya dengan tujuan, harapan, standar, dan kekhawatiran mereka. Kualitas hidup dapat dipengaruhi berbagai faktor termasuk fungsi kognitif, yaitu suatu kemampuan penafsiran dan pengenalan individu terhadap lingkungan seperti memori, bahasa, perhatian, serta fungsi memutuskan. Pada lansia, terganggunya fungsi kognitif diduga dapat mempengaruhi kualitas hidup. Tujuan studi ini untuk mengetahui hubungan antara status kognitif dengan tingkat kualitas hidup lansia di Panti Sosial Tresna Werdha, Bengkulu.  Studi ini melibatkan 35 responden yang dipilih dengan metode non-random consecutive sampling.  Data dikumpulkan melalui wawancara, menggunakan kuesioner Mini-Mental State Examination (MMSE) untuk menilai status kognitif dan World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF) untuk menilai kualitas hidup. Data dianalisa menggunakan metode statistik Fisher- exact test.   Dari total 35 responden, 28  (80%) responden mengalami gangguan kognitif dan 21 (75%)  responden diantaranya dengan kualitas hidup buruk; sedangkan dari 7 (20%) responden yang tidak mengalami gangguan kognitif, terdapat 2 (28,8%) responden diantaranya dengan kualitas hidup buruk.  Hasil studi didapatkan hubungan yang bermakna antara status kognisi dan kualitas hidup, lansia yang mengalami gangguan kognitif berisiko memiliki kualitas hidup buruk 2,67 kali lebih besar dari pada lansia yang tidak mengalami gangguan kognitif (PR = 2,67, nilai p = 0,033). 

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Widya. Perbedaan kualitas hidup antara lansia yang tinggal di keluarga dengan lansia di Panti Sosial Tresna Werdha [skripsi]. Makassar: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin; 2017.

Kementerian Kesehatan Indonesia. Analisis lansia di Indonesia 2017 [Internet]. Kemenkes RI. 2017 Avaliable from: https://www.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/lain-lain/Analisis%20Lansia%20Indonesia%202017.pdf

Badan Pusat Statistik. Statistik penduduk lanjut usia 2019 [Internet]. BPS. 2019 Avaliable from: https://www.bps.go.id/publication/2019/12/20/ab17e75dbe630e05110ae53b/statistik-penduduk-lanjut-usia-2019.html

Jacob DE, Sandjaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat karubaga district sub district tolikara propinsi papua. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan. 2018;1(1):1-16.

Sari MK. Peningkatan kualitas hidup lansia menggunakan reminiscence affirmative therapy berbasis teori lazarus. Jurnal Ners Lentera. 2016;4(1):81-90.

Zaliavani I, Anissa M, Sjaaf F. Hubungan gangguan fungsi kognitif dengan kejadian depresi pada lansia di posyandu lansia ikur koto wilaya kerja puskesmas ikur koto kota padang. Health and Medical Jurnal. 2019; 1(1):30-7.

Johansson MM, Marcusson J, Wressle E. Cognitive impairment and its consequences in everyday life: experiences of people with mild cognitive impairment or mild dementia and their relatives. Int Psychogeriatr. 2015;27(6):949-58

Wreksoatmodjo BR. Pengaruh aktivitas fisik terhadap fungsi kognitif lanjut usia di jakarta. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran. 2016;43(1):7-12.

Rasyid IA, Syafrita Y, Sastri S. Hubungan faktor risiko dengan fungsi kognitif pada lanjut usia kecamatan padang panjang timur kota padang panjang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2017;6(1):49-54.

Aini DN, Puspitasari W. Hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia di kelurahan Barusari kecamatan Semarang selatan. Jurnal Keperawatan STIKES Widya Husada. 2016;7(1):6-12.

Ramadian DA, Pertiwi JM, Runtuwene T. Gambaran fungsi kognitif pada lansia di tiga yayasan manula di kecamatan kawangkoan. Jurnal E-Clinic. 2013;1(1):1-8.

Qotifah I. Hubungan antara fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada Lansia di Posyandu lansia wilayah puskesmas nogosari [skripsi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2017.

Wahyuningsih I. Hubungan antara fungsi kognitif dengan tingkat kualitas hidup lanjut usia di wilayah kerja puskesmas sangkrah kota surakarta [skripsi Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2019.

Saputri ND. Hubungan status fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lanjut usia di upt pstw Jember [skripsi]. Jember: Fakultas Keperawatan Universitas Jember; 2019.

Sari Y. Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia osteoarthritis di wilayah kerja puskesmas muaro paiti kecamatan kapur IX. Indonesia Journal of Nursing Health Science. 2017;3(2):42-9.