Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Carine Nadia Hanafi
Yoanita Widjaja

Abstract

Kemampuan manajemen waktu penting bagi mahasiswa untuk melakukan perencanaan belajar, memrioritaskan pekerjaan yang lebih penting dan persiapan ujian. Mahasiswa kedokteran tahap profesi memiliki kegiatan yang sangat padat dan lebih rentan terhadap ketidakteraturan waktu. Namun studi tentang kemampuan manajemen waktu pada mahasiswa kedokteran tahap profesi masih sangat sulit ditemukan. Studi ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan manajemen waktu dan gambarannya berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap profesi. Studi ini merupakan studi deskriptif dengan metode potong lintang pada 112 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap profesi yang sudah menyelesaikan semua mata kepaniteraan. Kemampuan manajemen waktu dinilai menggunakan kuesioner skala manajemen waktu yang telah divalidasi dalam Bahasa Indonesia. Kemampuan manajemen waktu responden terbagi dalam tiga kategori,  21 orang (18,8%) tergolong kategori tinggi, 89 orang (79.5%) kategori sedang dan 2 orang (1,8%) termasuk dalam kategori rendah. Mahasiswa berjenis kelamin perempuan dan yang memiliki motivasi diri dalam pembelajaran cenderung menunjukkan manajemen waktu yang lebih tinggi. Mayoritas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap profesi memiliki kemampuan manajemen waktu sedang.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Yoanita Widjaja, FK Univ. Tarumanagara

Medical Education Unit

References

Mizaei T, Oskouie F, Rafii F. Nursing students’ time management, reducing stress and gaining satisfaction: a grounded theory study. Nurs Health Sci. Mar 2012;14(1):46-51.

Liberis C, Cavanagh R. A phenomenological analysis of the self-regulatory behaviours of a group of young adults in a vocational education and training business program. [Internet]. Dec 2012 [cited 2018 Nov 8].. Available from: https://eric.ed.gov/?id= ED542250

Sansgiry SS. Factors that affect academic performance among pharmacy students. Am J Pharm Educ. Oct 2006;70(5):9p.

Fitriah N. Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan Dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2014.

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia. 2nd ed. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012. Available from: http://www.kki.go.id/ assets/data/arsip/Final_SPPDI,_21_Maret_2013.pdf

Buku Pedoman Praktik Klinik Mahasiswa FKUI. Jakarta: FKUI; 2009.

Macan TH, Shahani C, Dipboye RL, Philips AP. College student`s time management: Correlations with academic performance and stress. J Educ Psychol. 1990;82:760–8.

Hoffer M, Schmid S, Fries S, Dietz F, Clausen M, Reinders H. Individual values, motivational conflicts, and learning for school. J Learn Instr. Feb 2007;17(1):17–28.

Santya KR. Studi Desktiptif Manajemen Waktu Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma; 2016.

Agustamanesia EDR. Tingkat kemampuan mengelola waktu mahasiswa [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Keguruan Universitas Sanata Dharma. 2017.

Rivandi J. Hubungan antara manajemen waktu dengan self-directed learning readiness pada mahasiswa tahun kedua fakultas kedokteran universitas lampung [Skripsi]. Lampung: Fakultas Kedokteran Universitas Lampung; 2017.

Sari MI, Lisiswanti R, Oktafany O. Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung. Oct 2017;1(3):525-9.

Kaya H, Kaya N, Pallo? AÖ, Küçük L. Assessing time-management skills in terms of age, gender, and anxiety levels: A study on nursing and midwifery students in Turkey. Nurse Education in Practice. Sep 2012;12(5):284-8.

Amiri M, Kulkarni VV. Time management and motivation in effective study. Golden Research Thought. 2015;4(10).

Aeon B, Aguinis H. It’s about time: New perspectives and insights on time management. Academy of management perspectives. Nov 2017;31(4):309-30.

Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Pedoman penyelenggaraan pendidikan Fakultas Kedokteran tahun akademik 2014/2015. Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran; 2014.

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Pedoman akademik program studi pendidikan dokter tahun akademik 2013/2014. Malang: Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya; 2013.

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Buku pedoman program studi kedokteran – fakultas kedokteran. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret; 2017.

Claessens BJ, Van Eerde W, Rutte CG, Roe RA. A review of the time management literature. Personnel review. 2007;36(2):255-76.

Harlina AP, Suharso S, Hartati MT. Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 2014;3(1).

Al Khatib AS. Time management and its relation to students’ stress, gender and academic achievement among sample of students at Al Ain University of science and technology, UAE. International Journal of Business and Social Research. May 2014;4(5):47-58.

Widyanarita LA. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Yang Bekerja Part Time Sebagai Garda Depan PT Aseli Dagadu Djokdja. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma; 2016.

Hamzah AR, Lucky EO, Joarder MH. Time management, external motivation, and students' academic performance: Evidence from a Malaysian Public University. Asian Social Science. Jul 2014;10(13):55.

Waldum ER, McDaniel MA. Why are you late? Investigating the role of time management in time-based prospective memory. J Exp Psychol: Gen. Aug 2016;145(8):1049-61.

Forman H. Events and children’s sense of time: a perspective on the origins of everyday time-keeping. Frontiers in psychology. Mar 2015;6:259.

Nurhidayati DD. Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling. 2016;5(1):24-32.

Kaur A. Academic stress and time management in adolescents. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. 2016;3(1):1790-2.