Pengaruh sleep hygiene terhadap durasi tidur anak kelas 1-6 di SD X Jakarta Barat
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikelnya di Tarumanagara Medical Journal (TMJ) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan bekerja secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepengarangan dari karya asli dan publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif jurnal versi pekerjaan yang dipublikasikan (misalnya, memposting ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Setiap teks yang dikirim harus disertai dengan "Perjanjian Transfer Hak Cipta" yang dapat diunduh melalui tautan berikut: Unduh
References
Chiu, S. Pediatric sleep disorders. [Internet] Oct 2018. Available from: https://emedicine.medscape.com/article/916611-overview
Harmoniati ED, Sekartini R, Gunardi H. Intervensi sleep hygiene pada anak usia sekolah dengan gangguan tidur: sebuah penelitian awal. Sari Pediatri. 2016;18(2): 93-9.
Hartini S, Sunartini, Herini SE. Item analysis and internal sonsistency of Children’s Sleep Habit Questionnaire (CHSQ) in Indonesian Version. Belitung Nursing Journal. 2017 Desember;3(6): 645 – 655.
Mindell JA, Williamson AA. Benefits of a bedtime routine in young children: sleep, development, and beyond. Sleep Med Rev. 2018 August;40: 93 – 108.
Davis KN, Parker KP, Montgomery GL. Sleep in infants and young children: part one: normal sleep. J Pediatr Health Care. 2004 Mar/Apr;80(2): 65-71.
Biggs SN, Lushington K, Martin AJ, Heuvel CV, Kennedy JD. Gender, socioeconomic, and ethnic differences in sleep pattern in school-aged children. Sleep Medicine. 2013 Sept 2;14(12):1304-1309.
Harmoniati ED, Sekartini R, Gunardi H. Intervensi Sleep Hygiene pada Anak Usia Sekolah dengan Gangguan Tidur: Sebuah Penelitian Awal. Sari Pediatri. 2016;18(2):93-99.
Nixon GM, Thompson JM, Han DY, Becroft DM, Clark PM, Robinson E, et al. Short Sleep Duration in Middle Childhood: Risk Factors and Consequences. SLEEP. 2008;31(1):71-78.
Staton SL, Smith SS, Pattinson CL, Thorpe KJ. Mandatory Naptimes in Child Care and Children’s Nighttime Sleep. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics. 2015 May;36(4):235-242.
Calamaro CJ, Yang K, Ratcliffe S, Chasens ER. Wired at a Young Age: The Effect of Caffeine and Technology on Sleep Duration and Body Mass Index in School-Aged Children. Journal of Pediatric Health Care. 2011 Feb 2;26(4):276-282.
Pesonen AK, Sjosten NM, Matthews KA, Heinonen K, Martikainen S, Kajantie E, et al. Temporal Associations Between Daytime Physical Activity and Sleep in Children. PLoS ONE. 2011;6(8).
Fuller C, Lehman E, Hicks S, Novick MB. Bedtime Use of Technology and Associated Sleep Problems in Children. Global Pediatric Health. 2017 Sept 13;4:1-8.
Buxton OM, Chang AM, Spilsbury JC, Bos T, Emsellem H, Knufson KL. Sleep in the modern family: protective family routines for child and adolescent sleep. Sleep Health. 2015;1(1): 15-27.
Li S, Zhu S, Jin X, Yan C, Wu S, Jiang F, et al. Risk factors associated with short sleep duration among Chinese school-aged children. Sleep Medicine. 2010;11(9): 907-916.