Interior Cyber Space Dengan Konsep "Cyberpunk" pada Spincity Bowling Alley di BSD City, Tangerang

Isi Artikel Utama

Shiang Shiang Rahmadjaya
Franky Liauw
Ferdinand

Abstrak

Perkotaan dikenal menjadi tempat yang warganya memiliki banyak kesibukan baik warganya yang bekerja bersekolah dan lainnya. Setelah 2 tahun berlalu semejak diberitakannya covid yang diketahui di berbagai tempat mulai diadakannya pembatasan sehingga membuat semua orang harus melakukan kegiatan di rumah, tetapi pada awal tahun 2022 ini pembatasan secara ketat mulai diringankan sehingga orang-orang mulai dapat melakukan aktivitas diluar. Saat ini tempat hiburan menjadi pilihan rekreasi bersama keluarga maupun teman. Maka dari itu diperlukan perancangan redesain Spincity pada area tempat bermain dan area pendukung lainnya yang ada di dalam gedung sebagai bagian dari area rekreasi yang dimiliki oleh perusahaan bowling Spincity sehingga dapat menciptakan nuansa baru tetapi tetap mempertahankan ciri khasnya. Sehingga selain dapat meningkatkan daya tarik wisata juga dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat akan olahraga yang menyehatkan dan juga menyenangkan karena dapat dilakukan bersama kerabat. Penggunaan metode perencanaan dan perancangan oleh Rosemary Kilmer dimulai dari tahapan commit hingga adanya evaluate dan feedback setiap tahapannya dapat membantu dalam proses perancangan. Selain penggunaan metode tersebut juga dilakukan observasi secara langsung dan wawancara dengan manager Spincity juga dilakukan pengumpulan studi literatur. Penerapan konsep desain Cyberpunk diharapkan dapat memberikan tampilan yang baru pada Interior Spincity yang berbeda dari yang lainnya memberikan kesan fun sebagai entertainment center.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Antara. (2022). Kemendikbudristek: Dunia Hiburan Mulai Hidup dan Bergerak

Kembali. https://www.borneonews.co.id/berita/264385-kemendikbudristek-duniahiburan-mulai-hidup-dan-bergerakkembali

Brunswick. (2020). Bowling center products.

Christianto, R., Marizar, E. S., & Mutiara, M. W. (2021). “ Dinammonitor bowling ic dan Sporty Design ” Pada Perancangan Interior Tangkas Sport Center , Jakarta Barat. 4(1).

Dalamora, M. A. P. D. (2014). Arsitektur Rekreatif. Universitas Sumatera Utara.

Kilmer, R., & Kilmer, W. O. (2014). Designing interiors. John Wiley & Sons.

Menteri Pariwisata. (2018). Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi

Khusus Fisik Bidang Pariwisata. In Menteri Pariwisata Republik Indonesia (pp. 1–148). Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

Persatuan Bowling Indonesia. (2021). Peraturan Persatuan Bowling Indonesia. https://pbijaya.org/wpcontent/uploads/2021/05/PERARURAN-PERTANDINGAN-PBI.pdf

Qubica AMF. (2021). Facility Planning Guide (pp. 1–32). Qubica AMF. https://www.qubicaamf.com/brochure/qubicaamf-bowling-facilityplanning-guide

Sydney, N. (2021). DESIGN IN LIVE-ACTION CYBERPUNK FILMS THROUGH THE

LENS OF (Issue December). San Jose State University.