Penerapan Luxury Urban pada Elemen Pembentuk Ruang Executive Lounge Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta

Isi Artikel Utama

Madeline Rosalie
Stepanus Dwiyanto
Sri Sulistyo Purnomo

Abstrak

Hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan yang menginap dan memberikan pelayanan serta akomodasi dengan syarat pembayaran. Interior sebuah Executive Lounge dapat dikatakan sangat penting, membantu serta berperan besar bagi para tamu atau pengunjung dan business traveler/solo traveler. Dimana Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta tergolong hotel bisnis yang tidak hanya bertujuan untuk melayani tamu umum tetapi tamu khusus dan memiliki kepentingan bisnis. Luxury Urban menampilkan sebuah hotel yang tidak hanya mementingkan kemewahan, kemegahan, minimalis, dan fungsinal suatu ruang tetapi terdapat estetik di dalamnya. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui penerapan tema Luxury Urban pada elemen pembentuk ruang Interior Executive Lounge Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, dengan sasaran mengidentifikasi tema Luxury Urban pada dinding, lantai, plafon, furniture, dan elemen estetik lainnya. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dan deskriptif dengan pemahaman berupa narasi untuk memberikan gambaran mengenai penerapan Luxury Urban pada elemen pembentuk ruang Executive Lounge. Elemen pembentuk ruang harus mampu mendukung fungsi ruang sehingga mudah untuk dikenal kegiatan apa yang terjadi di dalam ruang. Dapat disimpulkan bahwa Interior Executive Lounge Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta ini menerapkan bentuk konsep Luxury Urban baik dalam material, elemen pembentuk ruang, dan ornamen-ornamen estetik maupun fungsional pada ruang.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

ADN. (2022, Des 08). Kekhususan Jakarta sebagai Pusat Bisnis Diharapkan Bertahan. Retrieved from medcom.id: https://www.medcom.id/nasional/metro/zNAr9qZb-kekhususan-jakarta-sebagai-pusat-bisnis-diharapkan-bertahan

Business Hotel. (n.d.). Retrieved from altexsoft.com: https://www.altexsoft.com/glossary/business-hotel/#:~:text=A%20business%20hotel%20is%20a,that%20cater%20to%20leisure%20travelers).

Chressetianto, A. (2013). JURNAL INTRA Vol.1, No.1: Pengaruh Aksesoris dan Elemen Pembentuk Ruang terhadap Suasana dan Karakter Interior Lobi Hotel Artotel Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Faridah, L.N.I., Nanik, R. (2018). Penerapan Gaya Modern Urban pada Interior Sebuah Perusahaan Pengembang Bisnis Properti. Surabaya: ITS.

Killmer, Rosemary., W. Otie Kilmer. (2014). Designing Interiors. United States: John Wiley & Sons Inc.

Lynch, Kevin. (1960). The Image of The City. Cambridge: The MIT Press.

Rosalie, Madeline (2021). Perancangan Interior Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta. Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara. Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono dan Tisnawati. (2014). Elemen-Elemen Dasar Interior. Jakarta: Griya Kreasi.