Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations
Main Article Content
Abstract
Online transportation is nowadays popular in Indonesia and becomes a new alternative for people due to its efficiency and effectivity. One of the most famous online transportations is PT.Go-Jek Indonesia. People prefer to choose it to anticipate traffic jam in Jakarta and the surroundings. Besides PT. Go-Jek, there are some similar transportations such as PT.GRAB, UBER, and so on. This condition caused the competition among the online transportations resulting in the necessity to create a strong brand around the people. In accordance to that matter, the role of public relation is quite significant to increase Brand awareness in society. This research focus on the role of public relations to increase the brand awareness of PT Go-Jek using the theory of mixed public relation strategy by Thomas L. Harris that is famous of his concept, ‘P.E.N.C.I.L.S’. The method of this research is case study by interview completed by data as data collection technique. The activity of public relations involves the 7 strategies of public relation to increase brand awareness. The activities were for example publication, holding interesting events, establishing good relationship with society, cooperating with other companies, creating a positive image, providing services and new features for the society. Those are meant to show that PT. GO-JEK gives the best service for customers and society to strengthen the brand awareness of PT. Go-Jek. Those efforts of PT Go-Jek resulted in increasing the brand awareness so that society chooses that online transportation as an alternative of nowadays internet-based transformation.
Transportasi online saat ini marak di Indonesia dan menjadi alternatif baru bagi masyarakat karena efisien dan efektif. Salah satu transportasi online yang fenomena adalah PT. Go-Jek Indonesia yang menjadi pilihan masyarakat dalam mengantisipasi kemacetan Jakarta dan sekitarnya. Selain PT. Go-Jek, terdapat beberapa transportasi sejenis lannya yang beroperasi seperti PT.GRAB, UBER dan lainnya. Kondisi tersebut memunculkan persaingan di antara perusahan-perusahaan transportasi online yang harus menciptakan brand yang kuat di tengah masyarakat. Dalam Upaya tersebut peran public relations sangat penting untuk meningkatkan Brand Awareness di masyarakat. Fokus penelitan ini adalah peran public relations dalam mingkatkan kesadaran mereka PT. Go-Jek. Menggunakan teori strategi bauran pemasaran Humas Thomas L. Harris yang terkenal dengan konsep ‘P.E.N.C.I.L.S’. Metode penelitian adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dilengkapi data. Kegiatan marketing public relations berlaku dalam meningkatkan brand awareness ke 7 strategi marketing public relations. Kegiatan seperti publikasi, melaksanakan kegiatan-kegiatan menarik, establishgood hubungan dengan masyarakat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lain, meningkatkan citra positif, menyediakan layanan, dan menambahkan fitur baru dalam jaringan yang disediakan kepada masyarakat. Semua hal itu sebagai upaya yang serius dan sungguh-sungguh PT. Go-Jek memberikan pelayanan terbaik kepadakonsumen khususnya dan masyarakat umum agar kesadaran merek PT. Go-Jek semakin kuat.
Article Details
References
Alportal. (n.d.). Data Pengguna Internet di Indonesia. Juli 15, 2016. Retrieved from: http://a1portal.com/…4/data-pengguna-internet-di-indonesia.
Ardianto, E. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Devi, Zeilla Mutia. (2015, Oktober 05). Ojek Pangkalan Tak Boleh Kalah dengan Ojek Online. Retrieved Mei 29, 2017, from Marketeers: http://marketeers.com/ojek-pangkalan-tak-boleh-kalah-dengan-ojek-online/
Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Lie Joko Budiman. (2004). Brand Equity Ten: Stategi memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ehpedia. (2015). Apa itu Gojek. Retrieved Januari 15, 2016, from Ehpedia: http://www.ehpedia.com/2015/08/apa-itu-Go-Jek-adalah.html
Fikrie, Muammar. (2016, April 21). Jargon Nasionalisme Go-Jek Berbuah Respon Negatif. Retrieved Mei 29, 2017, from Beritaajar.id : https://beritagar.id/artikel/berita/jargon-nasionalisme-Go-Jek-berbuah-respons-negatif
Harris, T. L., & Whalen, P. A. (2006). The Marketer's Guide To Public Relations In The 21st Century. USA.
Iklanwww.Go-Jek.com/gojekin-aja?. GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD, GO-SEND dan Lainnya Dalam Satu Aplikasi, GO-JEKin Aja! Mudah & Aman • 100% Karya Anak Bangsa
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
MarkPlus, T. (2009). Markplus Basic Pengantar Hermawan Kartajaya. Jakarta: ESSENSI.
Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Polit, D. F., Beck, C. T., & Hungler. (2004). Canadian Essential of Nursing Research. Philadelpia: Lippincot.
Ruslan, R. (2010). Manajemen dan Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Grafindo Persada.
Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Jakarta: Erlangga.
Sekilas Sejarah Perkembangan Mengenai Go-Jek. (n.d.). Retrieved November 14, 2015, from https://www.Go-Jek.com
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Winarta, Karmin. (2015, September 18). 6 Ojek Online yang Menjadi Pesaing Gojek. Retrieved Oktober 10, 2015, from Liputan6 Online: http://citizen6.liputan6.com/read/2320466/6-ojek-online-yang-menjadi-pesaing-gojek
www. tekno.liputan6.com › Tekno › Internet ,3 Fakta Mengejutkan Pengguna Internet di Indonesia - Tekno. Tekno Liputan6.com dari laman We Are Social, Minggu (14/2/2016). Diakses pada Senin, 3 September 2016 Pukul 13.45 WIB.