STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG THEME PARK (KASUS: WORLD OF WONDER – CITRA RAYA)

Main Article Content

Ayu Nurazizah Hertadi
Priyendiswara Agustina Bela
B.Irwan Wipranata

Abstract

Citra Raya World of Wonder is a big project of 4.3 hectares from a well-known developer Ciputra Group. This developer cooperates with PT Carnival Wisata Sejahtera, a subsidiary of PT Bunga Wangsa Sejati, who is a developer of Jatim Park and Batu Night Spectacular in Malang which provide amusement rides in Citra Raya World of Wonder area and has been operating since 2012. Citra Raya World of Wonder Theme Park is one of the locations expected to be a tourism destination as a city that provides recreation, education, business, and culinary centers. There were 4 sections of rides and supporting facilities in the study object. This study aimed to discover the presence of Citra Raya World of Wonder's potential and problems, understand factors affecting the decreased number of visitors, understand visitor achievement performance, and suggest strategies to enhance the number of visitors to attract people's interest. The data collection conducted by field survey, management interview, visitor questionnaire, documentation, and literature study. The study result processed through several analyses, i.e., location, building, visitor target achievement, best practice, and perception. These analyses were processed, and the result used to answer the problems and improve the potential in the form of strategies suggested to enhance the number of visitors to achieve the target.

Keywords:  strategy; themepark; visitor

 

Abstrak

Citra Raya World of Wonder merupakan proyek seluas 4,3 hektar dari developer ternama Ciputra Grup yang bekerjasama dengan PT. Carnival Wisata Sejahtera yang merupakan anak usaha dari PT. Bunga Wangsa Sejati yang juga merupakan pengembang dari Jatim Park, Batu Night Spectaculer di Malang yang menyediakan berbagai wahana permainan di area Citra Raya World of Wonder, yang telah beroperasi sejak tahun 2012. Theme Park Citra Raya World of Wonder merupakan salah satu lokasi yang diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi wisata sebagai kota yang menyajikan pusat-pusat rekreasi, edukasi, bisnis, dan kuliner. Pada saat ini terdapat 4 pembagian wahana serta fasilitas penunjang yang ada di objek studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan masalah yang terdapat di Citra Raya World of Wonder, untuk mengetahui fakor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya jumlah pengunjung, mengetahui kinerja ketercapaian jumlah pengunjung dan memberikan usulan berupa strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung guna meningkatkan minat masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara survei lapangan, wawancara dengan pengelola, penyebaran kuesioner kepada pengunjung, dokumentasi serta studi pustaka. Dari hasil penelitian ini penulis melakukan analisis lokasi, analisis bangunan, analisis daya dukung kawasan, analisis ketercapaian target jumlah pengunjung, analisis best practice dan analisis persepsi pengunjung. Analisis ini akan diolah oleh penulis, hasil tersebut akan digunakan untuk mengurangi masalah dan juga meningkatkan potensi dalam bentuk suatu usulan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung sehingga mencapai target daya tampung.

Article Details

Section
Articles

References

Assauri, S. (1987). Manajemen Pemasaran. Jakarta Utara: CV Rajawali.

Chandra, F. T. (2005). Service Quality Satisfaction. Surabaya.

David, F. R., (2006). Strategic Management:Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Douglass, R. (1982). Forest Recreation. USA: Pergamon Press.

Ho, P. (2014). Theme Parks and Attraction. The New American City and the End of Public Space.

Lawson, M. B.-B. (1997). Tourism and Recreation Development.

Miles. R.E., dan Snow. C. (1978), Organizational Strategy, Structure, and Process, New Yorf, NY: McGraw-Hill.

Personal, S., & Education, H. (2013). Tourism and Hospitality Studies. Introduction to Tourism.

Phillips, R. (2009). An Introduction to Community Development. Routledge.

Sorkin, M. (1992). A Variation on Theme Park. The New American City and The End of Public Space.

W, R. G. (2004). Manajemen Edisi ketujuh Jilis 2. Jakarta: Erlangga.

Yoeti, A. (1985). Pengatar Ilmu Pariwisata

Pikkemaat, B., & Schuckert, M. (2007). Success factors of theme parks–An exploration study. Turizam: me?unarodni znanstveno-stru?ni ?asopis, 55(2), 197-208.