EVALUASI PERENCANAAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) STASIUN MRT FATMAWATI KECAMATAN CILANDAK, KOTA JAKARTA SELATAN

Main Article Content

Timothy Julio
Ju Tjung Liong
I.G. Oka Sindhu Pribadi

Abstract

According to the Jakarta BPS (2019), population density in the Jakarta area has reached an average of 15,938 people/km2 in 2019. Such population density creates a population mobility of up to 1.2 million people per day based on the results of the 2019 Jabodetabek Commuter Survey. Therefore, the DKI Jakarta Provincial Government has collaborated with the Jakarta MRT to start making an Urban Design for Mass Rapid Transit (MRT). In the construction of 13 MRT stations, the government needs to think about how the concept of the Integrated Transit Area (TOD) will be formed in the area around the station. The MRT project was completed on March 24, 2019. One of the DKI Jakarta Provincial Government's planning concepts applied is the MRT Fatmawati TOD area with the gateway concept, which is a system of integration of the city transportation mode with a feeder system to the origin's central area that is outside the initial transit point development area. After one year has passed, the Fatmawati MRT area needs to be evaluated based on indicators set by the Government and local NGOs to measure the feasibility of the Fatmawati MRT function as a gateway TOD area and whether the TOD policy itself is appropriate for the integrated Fatmawati MRT area.

 

Keywords:  Transit Oriented Development; Feasibility; MRT Fatmawati


Abstrak

Menurut BPS Jakarta (2019), kepadatan penduduk di daerah Jakarta sudah sampai dengan rata-rata 15.938 jiwa/km2 pada tahun 2019. Kepadatan penduduk demikian menciptakan mobilitas penduduk sampai dengan 1,2 juta orang per hari berdasarkan hasil Survei Komuter Jabodetabek 2019. Untuk itu. Pemprov DKI Jakarta telah bekerjasama dengan MRT Jakarta untuk mulai membuat Perancangan Kota (Urban Design) untuk sistem angkutan massal yang bernama Mass Rapid Transit (MRT). Dalam pembangunan 13 stasiun MRT, pemerintah perlu memikirkan bagaimana konsep Kawasan Transit Terpadu (TOD) yang akan terbentuk pada kawasan sekitar stasiun. Proyek MRT ini selesai dibangun pada tanggal 24 Maret 2019 dan menjadi jawaban untuk mewadahi mobilitas penduduk yang tinggi. Salah satu konsep perencanaan Pemprov DKI Jakara yang diterapkan yaitu pada kawasan TOD MRT Fatmawati dengan konsep gateway, yaitu sistem integrasi jaringan moda transportasi kota dengan sistem feeder ke area pusat origin yang berada di luar area pengembangan titik transit awal, mengembangkan fungsi yang dapat mengakomodasikan aktivitas live-play-work, yang berfungsi sebagai daerah ‘origin’, dan mengembangkan sarana parkir komunal untuk fasilitas park and ride. Setelah satu tahun berlalu, kawasan MRT Fatmawati perlu dievaluasi berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dan LSM setempat untuk mengukur kelayakan fungsi MRT Fatmawati sebagai kawasan TOD gateway dan apakah kebijakan TOD itu sendiri sudah sesuai terhadap kawasan terpadu MRT Fatmawati.

 


Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ju Tjung Liong, Program Studi S1 PWK, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara

Dosen Pembimbing Utama

I.G. Oka Sindhu Pribadi, Program Studi S1 PWK, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara

Dosen Pembimbing Pendamping

References

Badan Pusat Statistik. (2019). Indikator Statistik Esensial Kota Jakarta Selatan. Jakarta Selatan: Badan Pusat Statistik Jakarta Selatan.

Badan Pusat Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan. (2019). Kecamatan Cilandak Dalam Angka. Jakarta Selatan: Badan Pusat Statistik.

Berawi, M. A., Saroji, G., Iskandar, F. A., Ibrahim, B. E., Miraj, P., & Sari, M. (2020). Optimizing Land Use Allocation of Transit-Oriented Development (TOD) to Generate Maximum Ridership. MDPI, 12-32.

Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (2012). Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2030. Jakarta: Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. (2017). Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 44 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Kawasan Transit Oriented Development. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Institute for Transportation and Development Policy. (2017). TOD Standard V.3. New York: ITDP.

Kementrian PUPR. (2011, Oktober 15). RDTR Draf 4.Gabungan Raperda Jaksel. Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Maya Hapsari, R., & Nursanty, E. (2013). Peran dan Tantangan Perencanaan Ruang Publik Sebagai Perubahan Kehidupan Masyarakat. Semarang: Universitas Wahid Hasyim.

Menteri Agraria dan Tata Ruang. (2018). Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Jakarta: Direktur Jenderal Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

PT MRT Jakarta. (2012). Panduan Rancang Kota Pengembangan Koridor MRT Jakarta Tahap I. Jakarta: DInas Tata Ruang.

PT MRT Jakarta. (2018). Usulan Panduan Rancang Kota MRT Fatmawati. Jakarta: PDW Architects.

PT MRT Jakarta. (2019, Agustus 15). Park and Ride South Quarter Resmi Dibuka. Jakarta.

RM.co.id. (2019, April 8). Wajar Sepi, Park And Ride Fatmawati Jaraknya Terlalu Jauh Dari Stasiun MRT. Jakarta.

Rodrigue, J.-P. (2017). The Geography of Transport Systems. New York: Routledge. Diambil kembali dari transportgeography.org.

Suara.com. (2020, Maret 16). Antrean MRT Fatmawati Mengular sampai ke Jalan. Jakarta.

Theodoulides, L., & Kormancová, G. (2014). Project Feasibility Evaluation Based on Reflection. Dalam ResearchGate (Penyunt.), Management of Organizations in Real and Virtual Environment: Opportunities and Challenges (hal. 1-11). Banská Bystrica: ResearchGate.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Wartakotalive.com. (2019, Juli 26). Kurang Strategis, Park and Ride Fatmawati Kurang Diminati Warga. Jakarta.