FASILITAS KEGIATAN INTERAKTIF WARGA SEMANAN

Main Article Content

Inez Tjahyana
Rudy Surya

Abstract

Semanan Interactive Space Facility is the third place created with a background to improve the characteristics and daily lives of citizens as an inspiration for this project program. The livelihoods of the majority of the population are uncertain, many do not even work, while the area has socioeconomic potential such as the Flora Fauna Center and Tempe Village, many factories with workers living around the Semanan area, with high levels of stress being one of the most important needs to be concerned about. The vision of this project is to improve the skills, abilities and creativity and productivity of citizens. The programs offered in this project are education, entertainment and interaction. The method used in writing is descriptive, explanatory and quantitative by utilizing primary and secondary data collection in the selected area. From the results of data collection and literature, an analysis is carried out which results in the design concept and third place project program. From the whole process, a third place that needed by the residents, is Semanan Interactive Space Facility.

 

Keywords:  programs; Semanan; third place

 

Abstrak

Fasilitas Kegiatan Interaktif Warga Semanan merupakan sebuah third place yang dibuat dengan latar belakang mengangkat karakteristik dan keseharian warga sebagai inspirasi dari program proyek ini. Mata pencaharian warga yang kebanyakan belum menentu, bahkan banyak yang tidak bekerja, padahal kawasan memiliki potensi sosial ekonomi sebagai kawasan Sentra Flora Fauna dan Perkampungan Tempe, banyaknya pabrik-pabrik dengan pekerja yang tinggal disekitar kawasan Semanan, dengan tingkat stress yang tinggi menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Visi dari proyek  adalah  meningkatkan keterampilan, kemampuan dan kreatifitas serta produktifitas warga. Program yang ditawarkan didalam proyek adalah edukasi, entertainment dan interaksi. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah diskriptif, eksplanatoris dan kuantitatif dengan memanfaatkan pengumpulan data primer dan sekunder terhadap kawasan terpilih. Dari hasil pengumpulan data dan literatur dilakukan analisis yang menghasilkan konsep desain dan program dari proyek third place. Dari seluruh proses maka didapatkanlah wadah third place yang dibutuhkan oleh warga yaitu Fasilitas Kegiatan Interaktif Warga Semanan.

Article Details

Section
Articles

References

Bosman, C. & Dolley, J. (2019). Rethinking Third Places. Cheltenham: Edward Elgar.

Florida, R. (2012). The Rise Of The Creative Class . New York: Basic Books.

Gallagher, J. J. (1985). Teaching the Gifted Child . Longman Higher Education.

Jormakka, K. (2008). Design Methods. Birkhauser.

Kurniati, E. & Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Oldenburg, R. (1997). The Great, Good Place. Cambridge: Da Capro Press.

Saddoen, A. (2020). Pengertian Kreatif : Bentuk-Bentuk, Ciri beserta Contohnya, TheMoonDoggies, diunduh 20 Februari 2020, https://moondoggiesmusic.com/pengertian-kreatif/#gsc.tab=0

Tristanto, B. (2019). Petani di Semanan Ingin Ikut Progam Pengembangan Kewirausahaan Terpadu, beritajakarta.id, diunduh 20 Februari 2020, http://m.beritajakarta.id/read/67012/petani-di-semanan-ingin-ikut-progam-pengembangan-kewirausahaan-terpadu

Utami, M. (1995). Dasar-Dasar Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta.

Wahyono, E. (2018). Merantau ke Ibu Kota Jadi Petani, news.detik.com, diunduh 16 Februari 2020, https://news.detik.com/x/detail/investigasi/20180202/Merantau-ke-Ibu-Kota-Jadi-Petani/ah